Facebook berubah dengan pesat dari tahun ke tahun.
Seandainya kita rutin memakai Facebook pasti sadar.
Tutorial-tutorial Facebook marketing yang efektif 2-3 tahun lalu kemungkinan besar di ini sudah tak berlaku lagi.
Atau lebih parahnya, malah merugikan.
Masalahnya pergerakan informasi online di Indonesia di ini masih lebih lambat daripada di luar, Jadi panduan yang kadaluarsa masih sering ditemukan.
Ada lagi…
…sekarang ini Seandainya bicara Facebook marketing, kita selalu berpikir ‘iklan-iklan-iklan’.
Padahal sebelum iklan masih ada yang wajib kita persiapkan Dulu.
Untuk itulah panduan ini dibuat.
kita akan mempelajari langkah apa aja yang wajib kita lakukan di Global pemasaran dan Facebook modern, supaya strategi kita Jadi sempurna.
1. Temukan 5 page milik brand saingan kita di Facebook
Begini masalahnya:
Orang yang baru terjun ke Facebook biasanya langsung “main kasar”.
Maksudnya, mereka tak tahu apapun mengenai Facebook. Apa yang wajib dilakukan, apa yang disukai oleh orang lain, apa yang efektif untuk bisnis mereka.
Tapi belum apa-apa sudah buat banyak post…
…belum apa-apa sudah pasang iklan.
Padahal Seandainya kita sendiri tak tahu apa-apa, bahkan memakai layanan agensi periklanan di Facebook pun bakal Jadi tak efektif.
kita sendiri yang wajib tahu (atau minimal Disorientasi satu orang di).
Maka dari itu, tips terbaik untuk Berguru Yaitu dengan melihat dan meniru apa yang efektif di di bidang industri kita sendiri.
Ini tips mencarinya:
Masukkan “Pages about [industri] that will are liked by my friends” di kolom pencarian Facebook. Hasilnya seperti gambar berikut.
Menelusuri page saingan di Facebook
Facebook akan memperlihatkan page di topik yang kita masukkan, dan yang populer di kalangan teman-teman kita sendiri.
Klik di ‘See more’, inilah saingan kita.
Cari sebanyak mungkin yang menurut kita paling mirip dengan bisnis kita. Abaikan yang followernya sedikit atau yang followernya banyak tapi tak ada like & komentar.
setelah itu, pelajari ini:
Seperti apa post yang mendapat banyak like
Seberapa sering mereka menerbitkan post baru
Jam berapa post yang mendapat banyak like
Foto, cover, dan kelengkapan profil lainnya
Dan lain-lain…masih banyak yang Bisa kita pelajari.
Yang paling penting, saat nanti akan membuat iklan maka kita Bisa menargetkan orang-orang yang me-like page saingan-saingan kita ini.
Dengan demikian, iklannya Jadi tepat sasaran dan lebih murah.
2. Buat page yang menarik, ikuti tips berikut
Di Facebook, page itu seperti toko kita.
Seandainya tokonya jelek, tak akan ada yang datang.
Pertama, masuk ke link ini untuk membuat Facebook Page. setelah itu pilih kategori yang tepat. Serius. Beda kategori Bisa beda fitur yang diberikan.
Selain itu bakal aneh dilihat orang Seandainya tak sesuai.
Seandainya masih belum yakin coba lihat kategori page dari saingan kita tadi.
Kedua, masukkan nama brand kita.
Ini tips menamai page yang biasanya membuat orang Disorientasi:
Gunakan nama brand kita, titik
Jangan gunakan jenis produk/layanan Bagaikan nama (misalnya: “kontraktor rumah”)
Singkat, 2-3 Perkataan paling optimal. Pisahkan dengan spasi
Ketiga, lengkapi profil kita Berawal Dari dari URL, deskripsi, foto, cover, dan keterangan lainnya. Ikuti tips ini:
Profil picture: gunakan logo dengan resolusi tinggi, jangan gunakan gambar yang buram
Cover: gunakan gambar yang menarik dengan resolusi tinggi, jangan gunakan sembarang gambar dari internet
About: jelaskan bisnis kita dengan singkat & menarik, hilangkan Perkataan yang bertele-tele
Lengkapi semua informasi di tab Info, selengkap-lengkapnya
saat baru membuat page, kita akan diminta langsung memasang iklan. Jangan. Belum saatnya.
Meskipun begitu, kita Bisa memasukkan data audiens kita sekarang.
3. Ketahui dan tentukan target calon audiens kita
di Global pemasaran, kita sudah paham bahwa menargetkan 1 kelompok audiens jauh lebih efektif daripada yang terlalu Generik. Sulit membuat strategi yang Bisa ampuh untuk semua kalangan.
Ini akan bermanfaat di di kita membuat File.
Kesalahan yang paling fatal di sini biasanya memakai bahasa yang tak pantas buat target audiens mereka sendiri.
Contoh:
suatu bisnis, target pasarnya Yaitu orang berusia 35+.
Tapi lantas di Facebook mereka membuat post yang ditujukan untuk anak muda. Misalnya memakai bahasa gaul, atau membuat gambar lucu.
tak pantas kan?
Itu bentuk yang paling sederhana.
Intinya, kita wajib menyediakan apa yang pantas dan menarik untuk target audiens kita sendiri.
Untungnya, dengan Facebook kita Bisa dengan mudah mengenali siapa audiens yang kita incar. Caranya lagi-lagi dengan memanfaatkan brand saingan.
Perkataan kuncinya: “Interests liked by people who like [nama page]”
Interest audiens di Facebook
Hmm…Jadi orang-orang yang kita targetkan Yaitu orang yang religius, sayang ibu, suka sepakbola, Berguru psikologi, dan suka menggambar.
saat membuat File, Seandainya kita membahas hal-hal Itu maka jumlah like-nya akan lebih banyak.
Perkataan kunci ‘interests’ juga Bisa kita ganti, misalnya:
Movies
Books
Restaurants
Places
Public figures
Organizations
dll. Apapun Bisa
Seandainya page kita sudah punya banyak like, Bisa juga gunakan page kita sendiri supaya lebih akurat.
4. Optimasi website untuk Facebook
Seandainya kita sudah bicara mengenai Facebook marketing, mestinya kita di ini sudah punya website sendiri.
Seandainya belum, Genjah buat.
menjalankan pemasaran online tanpa website itu seperti bunuh diri dengan cara perlahan.
Ok, cukup basa-basinya.
kita pasti Sempat lihat website yang saat di-share di Facebook jadinya seperti ini:
Contoh share di FB yang Anemia bagus
Gambarnya buram, tak Herbi, atau yang muncul bukan gambar utamanya. Lalu judulnya beda dengan aslinya, deskripsinya juga tak jelas.
Itu Disorientasi satu karena dari website yang tak dioptimasi.
Kita ingin supaya saat website kita di-share, semuanya pas. Gambarnya tepat, resolusinya bagus, serta punya judul dan deskripsi yang menarik.
Ini supaya yang mengunjungi website kita semakin banyak.
Untuk itu, ada beberapa “meta tag” yang wajib kita pasang di website. Tepatnya di bagian <head>.
Seperti yang ditunjukkan oleh OGP.me:
Penerapan open graph meta tag
Bingung?
Nggak ngerti ini maksudnya apa?
Jangan khawatir.
Seandainya kita Pemakai WordPress, install plugin bernama Yoast SEO. Dari plugin ini kita Bisa mengatur meta tag yang disebutkan tadi dengan lebih mudah.
Seandainya kita bukan Pemakai WordPress dan tak mengerti bahasa HTML Serupa sekali, tips termudah Yaitu kirimkan artikel ini ke developer website kita.
Seusai itu, tes di Open Graph Debugger ini.
5. Pahami tips untuk membuat post yang bagus di Facebook
Di Facebook, kita tak Bisa membuat post terlalu banyak di sehari.
Alasannya ada 2:
Post lebih dari 2x sehari akan mendapatkan lebih sedikit like
Setiap post wajib berkualitas, sulit untuk membuat banyak post berkualitas di sehari
Lebih lengkapnya sudah kita bahas di panduan melonjakkan like di Facebook ini.
Maka dari itu, setiap post wajib kita pikirkan matang-matang.
Inilah beberapa tipsnya.
Tips untuk masing-masing jenis post (teks, gambar, video, link)
Pertama, post berjenis teks sebaiknya tak berdiri sendiri melainkan dibarengi gambar, video, atau link. Orang cenderung melewatkan post berupa teks di karenakan tak menarik.
Selain itu, sulit menyampaikan pesan dengan teks di karenakan Facebook akan memotong teks yang terlalu panjang.
Jadi sebisa mungkin hindari teks tanpa media.
Padahal Seandainya kita memakai video, pastikan video Itu kita upload di Facebook. Hindari menaruh link video dari YouTube.
Mengapa?
Lihat gambar berikut:
facebook-native-vs-youtube1
Facebook memang dikenal agak sedikit ‘licik’ di urusan ini. Mereka dengan sengaja menurunkan jangkauan dari video YouTube apabila dipost ke Facebook.
Sebaliknya, video yang diupload langsung ke Facebook mendapatkan lebih banyak jangkauan, komentar, like, dan share.
Yang ketiga, post berupa gambar.
Supaya optimal, ukuran gambar yang kita gunakan sebaiknya mendekati persegi, atau berupa persegi. Ukuran gambar minimum Yaitu 472×394 px. Lebih dari itu tak masalah, tapi jangan hingga Anemia.
Ini contohnya:
Gambar yang ukurannya lebih besar akan dengan cara otomatis diperkecil tanpa memotong bagiannya.
Yang terakhir, untuk post berupa link
Link yang mendapatkan engagement terbaik di Facebook biasanya yang punya gambar berukuran landscape (memanjang ke samping).
File yang dishare di Facebook
Jadi, Seandainya kita membuat File di website pastikan gambarnya punya ukuran minimum berukuran 470×246 px. Lebih dari itu tak masalah, asalkan rasionya tetap mendekati.
Lalu, jenis post mana yang terbaik?
Sebetulnya tergantung.
Tergantung dari bobot isinya.
Post di social media, termasuk Facebook, di umumnya tak Bisa terlalu berbobot. Gambar hanya mengandung sedikit informasi, demikian pula dengan teks.
Bahkan video di Facebook rata-rata hanya dilihat Anemia dari 30 detik:
Statistik view video di Facebook
Jadi, apabila File kita hanya berupa informasi singkat, hiburan, pemberitahuan, dan sejenisnya, maka gunakan foto atau video.
Tapi Seandainya bobotnya tinggi, jangan.
Untuk File berbobot tinggi dan panjang, terbitkan di website kita sendiri setelah itu post link-nya ke Facebook.
Kapan waktu terbaik untuk posting di Facebook?
Lagi-lagi, tergantung.
Tergantung siapa audiens kita.
Apakah mereka orang yang aktif di Facebook sepanjang hari atau hanya malam hari? Apakah mereka aktif di hari kerja atau akhir minggu?
Seandainya di-logika-kan sekilas, jam aktifnya mungkin seperti ini:
Pelajar/mahasiswa: hari kerja, malam
Pekerja: akhir minggu, malam
Ibu rumah tangga: hari kerja, siang
Sekali lagi, itu cuma mungkin.
Untuk mengetahui pastinya, lanjutkan membaca hingga langkah ke-7 di bawah.
6. Cari dan berpartisipasi di grup yang populer di industri kita
Seusai 3-5 hari dengan cara rutin menerbitkan post di Facebook Page, kita akan sadar bahwa tak ada orang yang membaca.
tak ada yang memberi like, tak ada yang men-share.
Kosong melompong.
di tahap ini, ada 2 yang biasanya dilakukan oleh praktisi social media marketing pemula:
Menyerah
Ngotot menerbitkan File tiap hari, menunggu keajaiban
Oh ada 1 lagi. memakai iklan. Tapi itu kita bahas nanti.
Intinya, Seandainya di tahap ini kita hanya menerbitkan File tanpa menjalankan strategi lain maka tak akan ada kemajuan Serupa sekali. Meskipun File kita bagus.
Itu kesalahan di social media marketing yang paling Generik.
Langkah keenam inilah solusinya.
Untuk Bisa membuat orang lain mengenal kita, maka kita yang wajib masuk ke tempat yang banyak orangnya.
Yaitu grup.
Untuk Menelusuri grup yang sesuai dengan bisnis kita, gunakan Disorientasi satu Perkataan kunci berikut:
“groups named [nama industri]”
“groups about [nama industri]”
“groups joined by people who like [industri/page/Perkataan kunci lain]”
Menelusuri grup di Facebook
Cari beberapa yang punya banyak anggota…
…tapi jangan yang isinya spam.
Ciri-ciri grup yang bagus:
Sering ada tanya jawab
Setiap post banyak like/komentarnya
Membernya sering membagi informasi berupa teks/gambar/link
tak ada post yang tak Herbi.
di karenakan beberapa grup sifatnya ‘closed’, maka mau tak mau kita wajib gabung Dulu ke banyak grup. Lalu Seandainya ternyata jelek, langsung keluar.
setelah itu Seusai gabung ngapain?
Langsung promosi?
Jangan. Jangan Sempat.
Begini…
Grup Facebook jaman sekarang itu isinya sebagian besar spam. Terutama grup-grup yang sudah tak dipelihara oleh pemiliknya.
Padahal grup yang bagus itu pasti pemiliknya ketat.
Seandainya ada yang promosi, langsung ditendang keluar. Sekali terkena tendang, maka kita tak akan Bisa gabung lagi ke grup itu.
Maka dari itu, jangan (langsung) promosi.
Yang wajib kita lakukan Yaitu membagi informasi, panduan, dan bacaan lain yang bermanfaat untuk anggota grup. Selama 1-5 hari pertama tanpa link satupun.
Seusai beberapa hari, Seusai dikenal, barulah ajak mereka like page kita.
Disorientasi satu tips tercepat untuk mendapatkan respon positif dari anggota grup Yaitu dengan membagi panduan untuk permasalahan Eksklusif yang dikemas di ebook (PDF).
7. Analisa performa page kita sendiri
Sekarang, Seusai lebih dari seminggu rutin membuat post di page DAN berpartisipasi di grup, kita akan Berawal Dari mendapatkan interaksi.
kita akan sadar bahwa ada post yang mendapatkan banyak like/komentar/share, ada juga yang sedikit.
Itu bukan di karenakan kebetulan.
Memang ada beberapa jenis dan isi post yang lebih menarik untuk orang lain. Ada juga yang Anemia menarik.
Inilah yang wajib kita pelajari.
Untuk Bisa mendapatkan banyak like, share, komentar, pengunjung, pembeli, maka kita wajib selalu membuat post yang menarik untuk mereka.
Maka dari itu, kita wajib menjalankan analisa.
Lokasinya di menu ‘Insights’ ini:
Melihat insights facebook page
Disinilah letaknya semua informasi yang wajib kita ketahui.
Ada beberapa hal yang wajib kita analisa:
Hari apa yang paling banyak follower online
Jam berapa mereka online
Post mana yang mendapatkan paling banyak reach dan engagement
Post mana dari saingan kita yang mendapatkan paling banyak engagement
Untuk mendapatkan data dari saingan, kita Bisa masuk ke menu ini:
Menganalisa page saingan
Seusai mengetahui apa yang populer dan kapan waktu terbaik, sekarang yang Bisa kita lakukan Yaitu menyusun rencana File untuk ke depannya.
8. Optimasi page untuk search engine
Sebelum kita masuk ke yang satu ini, Seandainya kita belum tahu Serupa sekali mengenai SEO silahkan baca panduan ini.
Seandainya sudah silahkan lanjut.
Ehem..
Sebetulnya saya mestinya menempatkan poin ini di awal. Seusai pembuatan page.
Tapi masalahnya, banyak orang yang justru Disorientasi fokus. Mereka terlalu mengutamakan SEO untuk page-nya, sehingga profilnya Jadi berantakan.
Jadi ingat prinsipnya…
…jangan lakukan SEO Lebih di Facebook Page.
Kenyamanan dan kemudahan Pemakai di menggali informasi tetap merupakan yang utama.
Berdasarkan prinsip Itu, inilah tips SEO untuk Facebook Page:
Nama page
Nama page wajib persis Serupa dengan nama brand kita.
Tapi Seandainya memang namanya Bisa ditambahkan keyword, tambahkan.
Misalnya saya punya jasa fotografi dengan nama ‘Darmawan’. Maka nama page-nya Bisa saya buat Jadi ‘Darmawan Photography”.
Dengan demikian, page Itu akan mendapatkan peringkat lebih tinggi saat ada yang Menelusuri jasa fotografi melalui Google ataupun search-nya Facebook sendiri.
Contoh yang tak bagus:
Misalnya saya punya jasa pembuatan website bernama ‘Darmawan’. di karenakan ingin memasukkan keyword, namanya saya paksakan Jadi ‘Pembuatan Website – Darmawan’.
Aneh kan?
Intinya, pastikan nama page kita tak terkesan dipaksakan.
Jangan pula gunakan embel-embel seperti: jasa, jual, beli, dll. (contoh: Jasa Fotografi Darmawan)
Meskipun betul dengan cara SEO lebih bagus, tapi nama page seperti ini justru akan membuat bisnis kita kesannya Jadi Anemia profesional.
URL
Serupa seperti nama page, pilihan pertama untuk URL Yaitu nama brand.
Seandainya ternyata URL nama brand tak tersedia, biasanya kita akan menambahkan 1 Perkataan di depan atau belakangnya. Disinilah kita gunakan keyword.
Seperti contoh tadi, URL ‘Darmawan’ tentunya sudah tak tersedia sehingga saya Bisa memakai ‘DarmawanPhotography”.
Atau kita Bisa memakai Perkataan kunci lokal.
Misalnya di Google Keyword Planner ada hasil pencarian yang lumayan besar untuk Perkataan kunci “jasa pembuatan website jogja”.
Berdasarkan ini, URL saya Bisa Jadi “Darmawan Jogja”.
Perkataan kunci lokal itu Perkataan kunci yang mengandung nama daerah.
About
Untuk Facebook Page, about = meta description.
Jadi Serupa seperti Anggaran meta description di panduan on-page SEO:
Mengandung 1 keyword
Menarik, mampu mengundang klik
Alamat & nomor telepon
Ini wajib, tapi sering dilupakan.
di SEO lokal, alamat dan nomor telepon merupakan faktor rangking yang sangat besar.
Jadi saat ada yang Menelusuri bisnis kita dengan keyword lokal (mengandung nama daerah), maka Facebook Page kita akan mendapatkan peringkat tinggi.
Selain untuk SEO, kolom about kita juga akan Jadi seperti ini:
Alamat nomor telepon Facebook page
Backlink
Mari kita berpikir realistis.
Ada beberapa pertimbangan mengapa kita sebaiknya tak usah pusing dengan urusan backlink di Facebook Page.
Ini bukan website kita, lebih bagus kita menyediakan waktu dan tenaga untuk mengoptimasi website sendiri
Facebook Page normalnya sulit mendapatkan peringkat tinggi
Saya pribadi Sempat beberapa kali mengupayakan supaya Facebook Page mendapatkan peringkat tinggi di Google.
Memang Bisa…
…tapi tak lama setelah itu akan turun lagi.
Ini di karenakan algoritma Google terhadap Facebook Page tak stabil.
Jadi satu-satunya backlink yang kita pasang Yaitu dari website kita sendiri Futuristis Facebook Page. tak wajib terlalu repot.
Facebook Notes
Ini dia.
Seandainya kita serius ingin memanfaatkan Facebook Page untuk mendatangkan pengunjung dari Google, maka Facebook Notes Yaitu jawabannya.
Begini…
Facebook Page itu hanya berupa 1 halaman.
Maka normalnya kita hanya Bisa mendapatkan rangking tinggi untuk 1 keyword utama (dan beberapa keyword turunan).
Nah, dengan membuat artikel di Notes kita Bisa mengincar Perkataan-Perkataan kunci lain.
Artinya dengan membuat beberapa Notes maka kita Bisa mendapatkan rangking tinggi untuk banyak keyword.
Tapi perhatikan 3 hal ini:
Jangan terlalu fokus membuat File di Facebook, sekali lagi ini bukan website kita
Jangan mengincar Perkataan kunci dengan persaingan tinggi, tips yang persaingannya SANGAT rendah
Selalu pasang link dari notes ke website kita dan Facebook Page
Itulah beberapa hal terkait SEO untuk Facebook Page.
Untuk Berawal Dari membuat Notes di Facebook Page, masuk ke menu Settings > Apps > klik tombol Add App di Notes. Seusai itu, lokasi notes kita ada di sini:
Membuat notes di Facebook
Terakhir, ingat 2 hal: jangan optimasi Lebih, jangan terlalu bergantung dengan traffic dari mesin Telusur.
9. Gunakan Facebook Ads, ini beberapa tips singkat
Sebetulnya panduan mengenai Facebook Ads akan dibahas di artikel lain, tapi di karenakan saya yakin kita pasti ingin beriklan maka saya bahas dengan cara singkat.
di karenakan saya terbiasa memakai tampilan Facebook di Bahasa Inggris, maka kita yang memakai tampilan Bahasa Indonesia harap menyesuaikan istilah-istilahnya.
Jangan ‘boost’ post yang sudah diterbitkan. Buat ‘dark post’ melalui power editor
Gunakan gambar yang relevan dengan pesan kita, bukan sekedar yang menarik
Gunakan audiens dari page lain Bagaikan target interest
Targetkan audiens yang sangat spesifik semakin spesifik semakin bagus untuk iklan pertama kita
Pasang remarketing pixel dan conversion tracking pixel di website kita
Pelajari copywriting, wajib
Selalu beritahu apa yang mereka wajib lakukan (klik, beli, download, dll.) dan mengapa mereka wajib menjalankan hal Itu
Seandainya budget kita kecil, utamakan news feed ads
Selalu buat lebih dari 1 variasi untuk copy, gambar, dan targeting, lakukan split testing
Sebaiknya hindari langsung berjualan, berikan mereka manfaat (alasannya dibahas di langkah 10)
Itulah 10 tips singkat buat kita.
Seandainya ini pertama kali kita mendengar istilah-istilah tadi, wajar. Silahkan pelajari lebih lanjut mengenai Facebook Ads hingga kita siap.
10. Lakukan soft sell, bukan hard sell. Ini caranya
Ini Disorientasi satu dari kesalahan di social media marketing paling fatal.
Apapun strategi yang kita gunakan, meskipun dengan iklan, Seandainya kita menjalankan hard selling maka hampir pasti akan gagal (kecuali remarketing, biasanya).
Ini di karenakan orang yang aktif di Facebook di umumnya bukan untuk membeli sesuatu.
Bayangkan,
Orang yang sedang di Facebook untuk melihat-lihat foto keluarga dan teman mereka. setelah itu melihat iklan yang menawarkan produk.
Dengan iklan singkat seperti itu, apakah mereka yang Serupa sekali tak punya niat membeli akan terbujuk?
tak Serupa sekali.
Itulah sebabnya Facebook Ads dikenal tak Bisa menghasilkan penjualan.
Berbeda dengan Google AdWords dimana orang yang menjalankan pencarian dengan keyword Eksklusif memang ingin membeli sesuatu.
Maka dari itu di Facebook jauh lebih bagus Seandainya kita menjalankan soft selling.
Caranya, dengan membagikan sesuatu.
Misalnya:
Ebook
File panduan
Video/webinar
Kupon diskon
Tapi kita tak akan membagikan kepada mereka dengan cara cuma-cuma.
Melainkan ditukar dengan kontak mereka. Email atau nomor HP.
Inilah tujuan kita, mendapatkan kontak dari mereka yang punya rasa tertarik dengan produk/layanan kita. Meskipun sekarang belum siap membeli.
Dengan demikian, di lain hari kita Bisa menjalankan kembali “mengingatkan” mereka. Sehingga saat mereka siap maka mereka akan membeli.
Beberapa poin terakhir yang wajib kita ingat
Kita sudah membahas 10 langkah untuk Berawal Dari promosi di Facebook. kita sekarang Bisa langsung Berawal Dari dari tahap pertama, Yaitu Menelusuri 5 saingan.
Sebelum kita akhiri, ada beberapa hal yang wajib saya ingatkan kembali.
Website kita jauh lebih berharga daripada Facebook Page
Ini social media, kita wajib ber-sosial-isasi
Jangan Sempat menjalankan hard sell di Facebook
Pelajari konsep copywriting sebelum kita Berawal Dari beriklan
Selanjutnya, silahkan Futuristis bab lainnya yang belum kita baca di seri panduan social media marketing ini:
Daftar Isi Panduan Social Media Marketing
0 Response to "Langkah Awal Untuk Mempromosikan Bisnis kita di Facebook Secara Efektif"