Sebelumnya saya sarankan kepada sobat jika tidak ingin membaca artikel 5 Cara untuk Bisa Masuk ke Halaman Pertama di mbah Google dengan Keyword sesukamu ini sampai selesai sebaiknya sobat tutup saja artikel ini karena menurut saya hanya buang buang wktu saja tetapi jika sobat ingin membaca sampai selasai artikel 5 Cara untuk Bisa Masuk ke Halaman Pertama di mbah Google dengan Keyword sesukamu ini saya sarankan teruskan teliti dan praktekan ini
Perkataan orang, SEO itu bukan ilmu pasti.
Maksudnya, mereka tak Bisa menjamin bahwa website atau File yang mereka buat Bisa masuk ke halaman 1 di Google.
Atau bahkan Jadi peringkat 1.
Walaupun katanya kontennya sudah berkualitas.
Lalu di Hepotenusa lain ada File yang jelek, tak berkualitas, tapi Bisa di peringkat 1 mengalahkan website-website yang lebih bagus.
Gara-gara ini, banyak yang menganggap SEO itu untung-untungan.
Tapi tak benar.
Ada tutorial yang Bisa kita lakukan untuk menjamin 100% keyword yang kita incar masuk ke halaman 1, bahkan Jadi peringkat 1.
Saya akan buka semua rahasianya.
Ada tutorial supaya kita Bisa PASTI masuk halaman 1, ini beberapa studi kasusnya…
Di Website dan forum mengenai IM, saya sering lihat orang-orang menjual ebook atau jasa SEO yang katanya Bisa “memaksa” Google supaya kita Jadi peringkat 1.
Seakan-akan website kita Bisa Jadi peringkat 1 di sekejap.
Biasanya bohongan…
…kebanyakan isinya cuma teknik SEO dasar atau teknik black hat yang resikonya tinggi.
Tapi sebetulnya ada. Ada tutorial yang Bisa kita lakukan untuk pasti masuk ke halaman 1 Google. Saya tak bilang mudah, tapi Bisa.
Ini peringkat beberapa File di PanduanIM:
Peringkat 1 untuk keyword “peluang usaha” dengan volume pencarian lebih dari 60 ribu. Artikel ini juga mendapatkan peringkat 1-2 untuk keyword “peluang bisnis” (20 ribu).
Peringkat 1 peluang usaha
Peringkat 1 untuk keyword “Berguru SEO” dengan volume pencarian lebih dari 3000. Bersaing dengan orang-orang yang ahli mengenai SEO.
Peringkat 1 Berguru SEO
Peringkat 2 untuk keyword “bisnis online” dengan volume pencarian lebih dari 60 ribu.
Peringkat 2 bisnis online
Peringkat 2 untuk keyword “tutorial membuat Website” dengan volume pencarian lebih dari 100 ribu.
Peringkat 2 tutorial membuat Website
Di komputer kalian mungkin posisinya berbeda 1-3 peringkat, di karenakan tiap komputer Bhineka
Masih ada lagi sebetulnya, tapi di atas ini merupakan beberapa yang persaingan dan volume pencariannya cukup tinggi.
Ada 3 hal yang wajib saya beritahu:
Saya tak mengeluarkan biaya sepeser pun untuk memakai jasa SEO, backlink, kontes SEO, dsb. Semuanya dilakukan sendiri
Saya tak memakai teknik black hat seperti membuat PBN, Website zombie, dan/atau software pembuat backlink
hingga masuk ke halaman 1, File-File di atas membutuhkan waktu antara 2-5 bulan
Intinya, tutorial ini 100% aman dari penalti…
…dan Bisa dilakukan oleh semua orang.
Saya tak bilang bahwa tutorial ini sangat mudah, tapi saya yakin ini Bisa dilakukan oleh semua orang Seandainya mereka mau sedikit berusaha.
Mari kita Berawal Dari.
1. Cari tahu jenis File yang dibutuhkan untuk keyword yang kalian pilih
File itu bukan cuma artikel, ya kan?
Tapi di karenakan artikel itu jenis File yang paling mudah, biasanya orang-orang selalu membuat File di bentuk artikel untuk keyword apapun.
Ini yang bahaya.
Google tahu File apa yang dibutuhkan untuk suatu keyword.
Seandainya misalnya di suatu keyword ternyata yang dibutuhkan itu File berupa halaman produk, video, atau tool, maka File artikel tak akan Bisa mendapatkan rangking 1.
Meskipun kualitas artikelnya tinggi.
Ini sudah dibahas lebih lanjut di panduan memahami search intent. Seandainya kalian belum baca, saya sarankan baca sekarang juga.
Sederhananya seperti ini:
Contoh, keywordnya “beli laptop asus”
Orang yang memakai keyword Itu pasti ingin membeli laptop dengan merek Asus, bukan ingin Menelusuri artikel yang berisi panduan membeli laptop.
Maka ini termasuk keyword jenis transactional.
Sehingga, hasil pencarian dengan keyword Itu pasti berupa halaman produk dari toko online.
Lihat aja:
Hasil pencarian beli laptop asus
tak ada satupun yang berupa artikel. Hampir semuanya halaman produk atau halaman kategori dari toko online.
Contoh lainnya, keyword “promo tiket pesawat”
Ini hasil pencariannya:
Bukan artikel
Serupa, tak ada satupun yang berupa artikel.
Jadi Seandainya kalian membuat artikel yang berisi promo tiket pesawat, tak akan Sempat masuk halaman 1.
Maka dari itu, jangan hingga Disorientasi buat File.
Seandainya website kalian berupa ecommerce/toko online…
Tambahan 1 hal, Seandainya kalian pemilik toko online.
Biasanya toko online mengincar keyword-keyword dengan intent transactional (beli laptop, beli baju batik, dll.) seperti contoh pertama tadi.
Pemilik toko online biasanya ingin supaya halaman produknya yang masuk ke peringkat 1.
Tapi ada 1 masalah:
Keyword transactional biasanya sudah dipenuhi oleh ecommerce dan marketplace raksasa seperti Lazada, BukaLapak, Tokopedia, Bhinneka dll.
Persaingan toko online
Saingannya berat, apalagi untuk produk yang Generik.
Nah, Seandainya toko online kalian hanya mengincar keyword-keyword transactional maka akan sangat sulit untuk Bisa masuk ke halaman 1.
Apalagi Seandainya kalian tak ingin mengeluarkan biaya promosi seperti para raksasa ini.
Maka dari itu, ini saran saya:
Buatlah File yang bersifat informasi dan isinya sesuai dengan produk/jasa yang kalian jual.
Bisa di bentuk artikel, video, atau File lainnya.
Pokoknya supaya website kalian bernilai.
Ini di karenakan File informasi itu Bisa dishare melalui social media, forum, atau Website milik orang lain, Padahal halaman produk sangat jarang.
di karenakan website kita bernilai dan sering dishare, maka Google akan menganggap website kita reputasinya bagus.
Seusai itu, peringkat halaman produk juga akan Empati naik.
Ada manfaat lainnya: File juga Bisa membantu melonjakkan penjualan.
2. Pahami faktor yang mempengaruhi peringkat di Google
Yang sudah kenal dengan SEO pasti langsung jawab: “Backlink”.
Memang betul, backlink memang faktor utamanya…
…tapi tak sesederhana itu.
Backlink memang Bisa mempengaruhi peringkat website, tapi tak SEMUA backlink Bisa mempengaruhi peringkat. Bahkan Seandainya Disorientasi justru pengaruhnya negatif.
Backlink itu tak Serupa semua.
Jenisnya Bhineka, kualitasnya juga Bhineka.
Sebelum itu, mari kita bahas Dulu faktor-faktor apa aja yang tak berpengaruh dan Bisa berdampak negatif. Supaya kalian tak Disorientasi langkah.
Ini yang tak berpengaruh dan bahkan Bisa berdampak negatif:
memakai bold/italic/underline di keyword
Menulis keyword beberapa kali di File
Banyak heading (H1, H2, H3,…) yang mengandung keyword
Share File otomatis ke social media
Memasang backlink di komentar Website, social bookmarking, guest book, dan sejenisnya
Membuat backlink dari web 2.0, Private Website Network (PBN), dan Website zombie
Saya sering mendapat pertanyaan dari pembaca, keywordnya wajib muncul berapa kali di 1 halaman… headingnya wajib berisi berapa keyword… wajib ada berapa internal link…
…jangan terlalu pusing dengan itu, tak terlalu berpengaruh.
Mengenai backlink, jenis yang nomor 5 sekarang sudah tak berpengaruh Padahal nomor 6 Bisa berpotensi menyebabkan penalti.
Lebih lanjut mengenai backlink Bisa dibaca di artikel ini.
Itu yang Anemia bagus…sekarang mari kita bahas yang bagus.
Keyword di URL & judul halaman
Ada on-page SEO, ada off-page SEO. Untuk on-page SEO (selain keyword research dan pembuatan File), sebetulnya tak banyak yang wajib kita lakukan.
Fokus di 2 hal ini aja.
Lokasi keyword di halaman website
Jadi Seandainya keyword yang kalian pilih misalnya “Berguru presentasi”, maka sertakan keyword Itu di di judul halaman dan di URL-nya.
Jangan terlalu banyak buang-buang waktu di on-page SEO, apalagi Seandainya website kalian bentuknya sederhana (Website misalnya).
Backlink kontekstual dan editorial dari website dengan reputasi tinggi
Waduh istilahnya bikin pusing.
Saya tadi bilang ada banyak jenis backlink, beberapa yang tak bagus sudah disebutkan di atas.
Inilah jenis backlink yang mampu melonjakkan rangking website kalian dengan cara drastis. Bahkan Seandainya kalian hanya punya 1.
Pengertiannya Dulu:
Backlink kontekstual Yaitu backlink yang muncul di suatu bagian halaman website yang membahas topik Eksklusif. Misalnya di di artikel mengenai sepakbola ada link ke website lain, berarti link Itu termasuk backlink kontekstual di topik sepakbola.
Backlink editorial artinya backlink yang diberikan atas kemauan si pemilik website sendiri. Bukan di karenakan imbalan (uang, barter, dll.), melainkan di karenakan mereka benar-benar ingin merekomendasikan website/File kalian.
Pahami bagus-bagus…
Sederhananya, ada 1 Disparitas yang Fundamental antara backlink yang bagus dan yang tak bagus:
Backlink yang bagus diberikan oleh orang lain atas kemauan mereka sendiri. Padahal backlink yang Anemia bagus itu yang kita buat sendiri.
Oh ya, kalian mungkin Sempat dengar Perkataan orang yang bilang bahwa kita wajib mendapatkan puluhan atau ratusan backlink supaya Bisa masuk halaman 1 Google.
tak benar.
Seandainya backlinknya berkualitas, kita Bisa Jadi peringkat 1 hanya dengan 1-2 backlink.
Artikel-artikel di PanduanIM di screenshot yang saya tampilkan di atas tadi rata-rata hanya mendapatkan 5, bahkan ada yang Anemia.
Seandainya kalian sudah mendapatkan ratusan backlink tapi belum masuk halaman 1, berarti backlinknya Disorientasi.
Faktor kepuasan pengunjung
Ini faktor yang penting, tapi sering diabaikan.
Mari kita berlogika…
Google itu suatu bisnis, mereka punya saingan (Bing, DuckDuckGo, dll).
Gimana coba caranya supaya mereka Bisa unggul dari saingannya? Gampang, caranya dengan membagikan hasil pencarian yang memuaskan untuk para penggunanya.
Betul nggak?
Seandainya kita Bagaikan Pemakai tak puas dengan Google, lama-lama bakal Berpindah ke search engine lain.
Makanya Google pasti akan selalu berusaha supaya hasil pencarian yang dimunculkan memuaskan buat kita, supaya kita tak beralih ke produk lain.
Oke, tapi gimana caranya supaya puas?
Tampilkan website yang tampilannya tak membuat frustrasi, yang loadingnya tak lambat, dan Seandainya dibuka dari mobile berikan yang mobile-friendly.
Dan 1 lagi yang paling penting:
Website yang kontennya paling berkualitas.
Faktor kepuasan pengunjung
Seandainya kalian sekarang sudah punya website, bayangkan dari sudut pandang para pengunjung. Kira-kira mereka akan puas atau tak dengan website kalian?
Seandainya puas, berarti bagus.
Seandainya belum, tingkatkan lagi.
3. Buat File yang Bisa mengundang backlink (dengan 8 resep ini)
Tahap ini mungkin kesannya rumit, bikin ribet, atau terlalu Lebih, apalagi Seandainya kalian masih pemula. Tapi pahami bagus-bagus, di karenakan ini kuncinya.
Dari Elaborasi di atas, kita sudah sepakat bahwa backlink kontekstual & editorial itu yang paling besar efeknya.
Tapi coba kita berpikir ulang…
…kenapa sih orang-orang masih suka cari backlink dengan tutorial submit ke social bookmarking, guest book, komentar Website, dan teknik black hat Padahal tak bagus?
Ada 2 alasan:
Pertama, di karenakan mudah.
Tinggal submit langsung Bisa backlink.
Padahal tak juga. Susah, di karenakan pengaruhnya sangat kecil. Jadi kalian mesti submit ke ratusan atau ribuan website baru efeknya Berawal Dari kelihatan
(itu pun Seandainya belum terkena penalti).
Kedua, di karenakan tak ada yang mau membagikan backlink.
Seandainya kalian seorang pemilik website (terutama blogger), pasti paham maksud saya. Tiap kali bikin artikel, tak ada Serupa sekali yang mau membagikan backlink.
Saya juga Dulu begitu…
Jadi daripada backlinknya nol, mending submit ke social bookmarking, komentar Website, dll…
Inilah yang akan kita bahas sekarang.
Untuk itu, ada 1 hal yang wajib kalian pahami Dulu:
Wajar kan, coba bayangkan:
Di suatu tempat ada seorang blogger yang tak kalian kenal. Si blogger ini membuat artikel yang biasa-biasa aja, tak ada istimewanya…
…apakah kalian Bagaikan pemilik website akan rela membagikan backlink?
Mustahil.
Ngapain juga ngasih backlink, ya kan…kontennya biasa aja…
Maka dari itulah kita butuh 8 resep ini.
8 resep ini Seandainya kita gunakan, File kita akan Jadi luar biasa. Lebih bagus, menarik, berkualitas, daripada File lain. Lebih istimewa.
Sehingga File kita punya peluang besar untuk mendapatkan backlink.
Inilah dia:
Resep 1 – Topik yang Bisa dijadikan referensi
Beberapa hari yang lalu saya chatting dengan beberapa teman saya di Disorientasi satu grup, ngobrol mengenai web programming.
Lalu muncul istilah “front-end” dan “back-end”.
setelah itu ada yang tanya artinya apaan.
Ini Seandainya dijelaskan lengkap bakal panjang.
di karenakan kita lagi chatting, males kan ngetik panjang-panjang.
setelah itu supaya gampang, Disorientasi satu orang di grup chatting ini menaruh link ke artikel yang berisi pengertian dan Elaborasi 2 istilah Itu.
Itu maksud dari “topik yang Bisa dijadikan referensi”.
Artikel Itu direkomendasikan di karenakan Bisa membantu untuk jelaskan mengenai suatu hal.
Cerita di atas memang bukan backlink, tapi kasusnya berlaku:
Misalkan ada blogger yang menulis artikel, dia wajib jelaskan sesuatu yang tak terlalu Herbi dengan topik utamanya. Daripada menulis panjang lebar, dia Bisa merekomendasikan File kalian Bagaikan referensi.
saat direkomendasikan oleh orang lain, kita mendapat backlink.
Jadi, pilihlah topik yang Bisa dijadikan referensi.
Resep 2 – Mengandung data/statistik yang terpercaya
Alex Turnbull di artikelnya di Buffer menyebutkan bahwa (judul) artikel yang mengandung data mendapatkan lebih banyak pembaca daripada yang tak.
Bedanya hingga 42%:
data-headline-reuslts
untuk orang-orang yang membuat File, data Bisa membuat File mereka Jadi lebih terpercaya dan lebih menarik. Sehingga lebih banyak pembaca.
Nah, Seandainya kita menyediakan data, maka data Itu Bisa dikutip oleh orang lain.
saat data Itu dikutip, mereka akan membagikan backlink.
(seperti yang saya lakukan barusan untuk menunjukkan data di atas)
Contohnya lagi, lihat artikel dari Tech in Asia ini:
Data Pemakai social media Indonesia
Di di artikel ini, si penulisnya mengutip data jumlah Pemakai social media di Indonesia (datanya berasal dari sumber lain).
Lihat backlinknya:
Jumlah backlink artikel TIA
Ada 28 backlink dari 13 domain.
Seandainya dilihat, backlink-backlink ini berasal dari orang-orang yang mengutip data yang mereka cantumkan di artikel Itu.
Backlink dari situs pemerintah
Jadi, dengan mencantumkan data kita Bisa mendapatkan backlink.
Pertanyaannya, bagaimana tutorial mendapatkan/membuat data?
Ini beberapa tutorial yang paling mudah:
Lakukan survey online dengan Google Forms, sebarkan ke komunitas online
Lakukan analisa terhadap sesuatu di di website/bisnis kalian sendiri
Kutip data dari website lain, jangan lupa sertakan sumber
Resep 3 – Kebanggaan atas identitas pribadi
Untuk jelaskan maksudnya, saya akan gunakan contoh.
Misalkan Seandainya saya ini seorang Bonek (pendukungnya klub Persebaya), lalu saya baca artikel ini dari IDNTimes:
Artikel bonek 8500 share
Pasti bakal saya share.
Orang-orang yang bangga dengan identitasnya Bagaikan Bonek akan bagikan artikel Itu kepada teman-temannya ke social media.
di karenakan mereka bangga, dan mereka ingin teman-temannya tahu bahwa mereka bangga.
Itulah yang terjadi di artikel Itu.
Lihat aja jumlah share-nya…8500
Gila.
Itu alasannya mengapa File yang mengandung identitas golongan atau pribadi Jadi sangat populer. di karenakan orang-orang dengan identitas Itu merasa bangga dan ingin terlihat positif.
Resep 4 – Lebih lengkap daripada yang lain
Lihat grafik ini:
Korelasi panjang artikel dan jumlah backlink
Gambar Itu Yaitu hasil analisa dari Moz terhadap panjang artikel yang mereka terbitkan di blognya.
Ternyata, artikel panjang cenderung mendapatkan banyak backlink.
Logikanya seperti ini:
Bayangkan ada artikel A dan B, topiknya Serupa, gaya penulisannya Serupa.
Artikel A cuma membahas poin-poin dengan Elaborasi singkat. Padahal artikel B jelaskan dengan cara detail langkah-langkahnya, disertai gambar, contoh supaya jelas dan mudah dipahami.
setelah itu teman kalian butuh informasi mengenai topik Itu.
Artikel mana yang akan kalian rekomendasikan?
B, pasti.
…itulah alasannya.
Itu yang saya lakukan di artikel panduan SEO yang sekarang Jadi peringkat 1 di Google. Ini bab-bab yang ada di dalamnya:
Bab di panduan seo
Sebelum ini, belum Sempat ada artikel di bahasa Indonesia yang membahas lengkap mengenai SEO dari A-Z.
Seandainya orang mau Berguru SEO, biasanya mereka wajib buka beberapa Website, forum, atau cari di situs berbahasa Inggris.
Maka dari itu, saya membuat panduan Itu.
Totalnya kira-kira hampir 10.000 Perkataan.
Hasilnya, sekitar 2-3 bulan setelah itu panduan Itu menempati peringkat pertama di Google.
Resep 5 – Isinya Bisa langsung diterapkan
Coba kita uji ingatan…
…apa isi berita di koran yang kemarin kalian baca?
Sebagian orang yang saya tanyakan pertanyaan ini biasanya sudah lupa, sebagiannya lagi baru ingat Seusai beberapa detik/menit.
Kenapa Bisa lupa?
di karenakan sebagian besar artikel di koran itu tak membawa dampak apapun ke di Hayati kita. Meskipun isinya bagus, tapi tak punya dampak yang berarti.
Makanya di sehari juga sudah lupa.
Sekarang bayangkan File di website kalian seperti contoh tadi.
Seandainya para pengunjung website sudah lupa dengan website kalian, mereka tak akan Bisa merekomendasikan website kalian.
Beda dengan kasus berikut:
Akhir tahun 2014, saya tak sengaja ketemu video yang mengajarkan tutorial Genjah untuk mengikat tali sepatu.
Ini videonya:
Lalu saya coba ikuti panduannya, ternyata memang lebih Genjah daripada tutorial yang saya lakukan selama ini.
Sejak menonton video Itu hingga sekarang, tutorial saya mengikat tali sepatu berubah Jadi persis seperti yang diajarkan.
Ini contoh “File yang Bisa diterapkan”.
Seandainya File kalian Bisa langsung diterapkan oleh pengunjung, mereka akan selalu ingat dengan website kalian.
Seperti video di atas, sudah hampir 2 tahun tapi masih saya ingat.
Resep 6 – Membangun Interaksi positif dengan pemilik website lain
Bayangkan kasus ini:
Ada 2 orang yang butuh dukungan dari kalian. Kondisi permintaannya Serupa persis. Bedanya, yang satu dari teman bagus kalian, yang satunya orang tak dikenal.
kalian cuma boleh membantu 1 orang.
Yang mana yang akan kalian bantu?
Wajarnya sih teman sendiri…
Kita Bagaikan manusia cenderung lebih rela untuk menolong orang yang kita kenal bagus, meskipun permintaannya lebih berat.
Ini juga berlaku untuk backlink.
Kita ingin mendapatkan backlink dari pemilik website lain, ya kan?
Maka kalian wajib menjalin Interaksi positif dengan mereka. Seandainya mereka kenal dengan kalian, maka mereka akan lebih mau untuk membagikan backlink.
Caranya? Kita Berawal Dari dari File kita sendiri.
Yaitu dengan membagikan backlink duluan melalui File kalian ke File mereka.
Link ke dapur uang
Di artikel Itu saya ingin supaya pembaca paham tutorial membuat toko online dengan WordPress.
di karenakan itu, saya merekomendasikan artikel dari Dapur Uang di karenakan isinya yang paling lengkap dibandingkan yang lainnya.
tak lama setelah itu Mas Eka Juan, pemiliknya Dapur Uang, memasang link ke website saya juga:
Backlink dari dapur uang
Resep 7 – mempunyai aset bernilai
Semua website kejar-kejaran bikin artikel.
Akibatnya, orang-orang sudah bosan dengan sekedar artikel. Lihat aja di timeline Facebook dan Twitter, link artikel semua.
Artikel itu sifatnya “lemah”.
Seandainya File kalian cuma berupa artikel, cuma huruf tanpa yang lainnya, maka File kalian lemah. Terutama di karenakan tak menarik dan sudah terlalu Generik.
di karenakan itulah sebaiknya artikel selalu ditunjang aset yang lebih bernilai.
Ini yang saya maksud:
Gambar, foto, infografis
Video
Tool, software, app
Data/statistik (sudah dibahas tadi)
File PDF: ebook, checklist, dll.
Template, plugin
Semuanya memang lebih susah dibuat dibandingkan sekedar artikel, tapi hasilnya juga akan jauh lebih tinggi.
Dari daftar di atas, menurut saya yang paling mudah dibuat itu nomor 1 dan 5.
Menurut Neil Patel dari Quicksprout, File infografis rata-rata mendapatkan 37.5% backlink lebih banyak daripada artikel biasa.
Bahkan sekedar foto jepretan sendiri pun lebih bagus
Blogger-blogger Indonesia suka memakai gambar yang diambil dari website lain. Nah, saat gambar ini digunakan maka mereka akan mencantumkan sumbernya.
saat gambar kalian digunakan, kalian mendapatkan backlink.
Contoh lainnya, template (misalnya template Website).
Mas Sugeng dari Sugeng.id sering untuk-untuk template gratis lewat blognya. Hasilnya, banyak yang membagikan backlink ke blognya.
Halaman paling banyak mendapatkan backlink di Sugeng-id
Lihat angka di atas, 3 dari 5 halaman yang mendapatkan backlink terbanyak berasal dari halaman download template.
Maka dari itu, sediakan “aset” di File kalian.
Resep 8 – Memicu kontroversi
Kontroversi yang saya maksud di sini bukan berarti membuat artikel yang berisi cerita palsu, cari ribut, atau yang menyebar kebencian.
Kontroversi itu maksudnya begini:
Misalnya di suatu topik ada 2 Hepotenusa atau lebih. Kita Bagaikan pembuat File memilih dan mendukung satu Hepotenusa.
Seperti di SEO, ada konsep black hat dan white hat. di Website ini termasuk di artikel ini saya berdiri di Hepotenusa white hat, bukan black hat. Maka dari itu para praktisi black hat SEO terkadang tak suka dengan beberapa File di Website ini.
Jadi ada 2 pihak yang bertentangan saat membaca File kalian.
di File kita dishare, kedua Hepotenusa ini akan saling berdiskusi dan berdebat antara setuju-tak setuju
Sehingga akan menarik perhatian banyak orang.
Jumlah share artikel blogging
Jumlah share-nya lumayan banyak.
Di di artikel itu saya menyebutkan bahwa blogger mestinya menghindari memakai AdSense Bagaikan sumber pendapatan.
Lantas artikel Itu di-share ke komunitas AdSense.
Akibatnya, orang-orang di di grup Jadi banyak yang mengomentari.
Ada yang positif, ada yang negatif.
Beberapa orang yang setuju dengan pernyataan saya setelah itu merekomendasikan artikel Itu lewat blognya.
Sehingga artikel Itu masuk ke halaman 1 Google:
Peringkat 4 tutorial mendapatkan uang dari Website
Padahal tak Sempat saya carikan backlink.
Perhatikan beberapa hal ini saat membuat File kontroversi:
Topik dan isinya wajib positif untuk satu pihak
Jangan omong kosong, justru akan merusak reputasi kalian sendiri
Semua pernyataan yang kalian buat wajib masuk akal dan Bisa dibuktikan
Intinya, File kalian bukan sekedar cari ribut.
wajib ada kalangan yang setuju dengan tutorial berpikir kalian.
Misalnya Seandainya kalian membuat artikel yang berisi kekecewaan terhadap suatu produk, isinya wajib benar-benar terjadi. Bukan hanya omong kosong.
Itulah 8 resep membuat File yang mampu mengundang backlink.
tak semuanya wajib disertakan di suatu File, tapi semakin banyak semakin bagus.
Selain 8 hal Itu, ada 1 lagi yang wajib:
4. Buat File dengan kualitas lebih tinggi daripada yang ada di halaman 1 Google
Misalkan saya ingin Berguru main gitar.
Lalu saya cari tutorialnya di Google.
Ternyata di peringkat 1 ada panduan yang lengkap, mudah dimengerti, dilengkapi gambar, video, dan bahan latihan. Ini panduan terbaik yang ada sekarang.
setelah itu ada seorang blogger yang mengincar keyword itu juga.
Dia buat 1 artikel, judulnya “tutorial Berguru Main Gitar”.
Di di artikel ini cuma ada tips-tips singkat, tanpa tutorial, tanpa gambar, tanpa video. Hanya ada tulisan sepanjang 500 Perkataan.
Seandainya kalian Sempat Berguru gitar, pasti tahu bahwa 500 Perkataan sangat tak cukup untuk jelaskan tutorial bermain gitar.
Nah, pertanyaannya:
dengan cara logika, apakah mungkin artikel 500 Perkataan buatan si blogger ini mengalahkan File yang sudah ada di halaman 1 tadi?
Hampir mustahil…
…kecuali Seandainya entah bagaimana caranya dia Bisa memanipulasi Google.
File yang lengkap tadi pasti lebih banyak direkomendasikan, lebih banyak mendapatkan backlink, dan lebih disukai oleh orang banyak.
Inilah mengapa kualitas itu yang nomor 1.
Di atas tadi kita sudah lihat ada 8 resep untuk mendapatkan backlink. Seandainya File yang kalian buat tak lebih berkualitas daripada yang sudah ada sekarang, semua resepnya sia-sia.
Sekarang kita akan Berguru bagaimana membuat File berkualitas.
Caranya?
Dengan metode KTP.
dengan cara singkat, inilah 3 langkah yang akan kalian lakukan untuk membuat File berdasarkan metode Itu:
Kumpulkan artikel-artikel terbaik di topik yang Serupa
Tingkatkan isinya supaya artikel kita Jadi yang terbaik
Promosikan ke orang yang tepat (dibahas di poin 5 di bawah)
Sekarang akan kita bahas nomor 1 dan 2 Dulu.
Supaya lebih mudah dipahami, saya akan memakai panduan SEO dari PanduanIM Bagaikan studi kasus. Artikel ini ada di peringkat 1 untuk Perkataan kunci “Berguru seo”
Studi kasus: proses pembuatan artikel panduan SEO
Kita analisa Dulu keyword utamanya: “Berguru seo”.
Yang jelas, orang yang menjalankan pencarian dengan keyword ini pasti ingin Berguru, bukan membeli kursus atau jasa SEO.
Keyword ini butuh File berupa panduan, Bisa berupa artikel, ebook, atau video. Saya pilih yang paling mudah dibuat, Yaitu artikel.
Langkah 1 – Mengumpulkan artikel-artikel di topik yang Serupa
Ini tahapan wajib. Meskipun kalian sudah paham dengan apa yang akan kalian tulis, tapi kalian tetap wajib Menelusuri artikel-artikel lain di topik yang Serupa.
Tujuannya:
Supaya tahu materi apa aja yang wajib dibahas
Supaya tahu seberapa kualitas File yang ada di halaman 1, supaya kita Bisa membuat yang lebih bagus lagi
di karenakan itu saya cari di Google dengan keyword “Berguru seo”.
setelah itu semua website di halaman pertama saya catat di Google Sheets (Bisa juga di Excel), beserta keterangannya.
Ini catatannya:
Ringkasan hasil pencarian Berguru SEO
Hasilnya Anemia memuaskan.
Belum ada panduan yang benar-benar terstruktur dari dasar hingga tuntas.
Seandainya saya ini seseorang yang ingin Berguru SEO, maka kelima website Itu sepertinya tak akan Bisa membuat saya Jadi benar-benar paham.
Artinya:
Peluang untuk Jadi peringkat 1 terbuka lebar, di karenakan saya yakin Bisa membuat File yang lebih bagus
Artikel-artikel di hasil pencarian tadi tak Bisa dijadikan patokan
di karenakan itu, saya beralih ke Perkataan kunci Inggris “seo guide”.
Jauh lebih bagus:
Ringkasan hasil pencarian SEO guide
Kelima File ini yang saya jadikan tolak ukur.
Terutama 2 artikel dari Moz dan QuickSprout yang sekarang memang sering dijadikan tempat rekomendasi untuk Berawal Dari Berguru SEO.
di tahap ini, bayangkan kalian yang ingin Berguru…
…dengan demikian kalian Bisa tahu apa kekurangan dan kelebihan dari masing-masing File.
Langkah 2 – Buat struktur File yang lebih bagus lagi
Seusai membaca-baca berbagai panduan SEO di 2 bahasa ini, saya Bisa tahu seperti apa yang bagus dan seperti apa yang Anemia bagus.
Saya juga Bisa tahu materi apa yang sebaiknya dibahas dan tak dibahas.
Seusai itu, disusunlah strukturnya:
Struktur artikel Berguru SEO
Supaya kualitasnya lebih bagus, maka saya buat supaya:
Materinya lebih lengkap daripada yang lain di B. Indonesia
Bisa langsung diterapkan oleh pembaca
Formatnya lebih enak untuk dibaca
Ada aset berupa file PDF yang Bisa didownload
Dari 8 resep di atas, 3 di antaranya disertakan di panduan SEO yang saya buat.
Itu sebabnya artikel ini Bisa Jadi peringkat 1.
Hati-hati di tahap ini:
Seandainya kalian membuat artikel berbahasa Indonesia dan memakai artikel Inggris Bagaikan patokannya (seperti yang saya lakukan tadi), JANGAN membuat artikel terjemahan.
Selalu buat File yang berbeda dan lebih bagus.
Seandainya kalian langsung menerjemahkan dari Bahasa Inggris, tak akan Bisa masuk ke halaman 1 di karenakan kemungkinan besar sudah ada orang lain yang menerjemahkan juga.
Akan dianggap Bagaikan duplicate content.
Tips untuk website ecommerce
Tadi sudah saya jelaskan apa yang wajib dilakukan oleh website ecommerce; membuat File informasi, supaya websitenya bernilai untuk pengunjung.
Ada 1 hal lagi:
Buat supaya halaman produk kalian lebih bagus daripada website lain.
Misalnya sediakan foto yang bagus, Elaborasi produk yang menarik (bukan asal copy-paste), tampilkan review dari pembeli, dan berikan “aset” berupa kupon diskon.
Intinya buat mereka lebih puas saat berkunjung.
5. Promosikan File hingga masuk ke halaman 1
Saya tekankan Perkataan hingga.
Ini sekilas percakapan yang betul terjadi di Facebook antara saya (D) dengan seorang pembaca (P):
P: Mas Darmawan, saya sudah buat File berkualitas sesuai yang diajarkan di PanduanIM, tapi sudah sebulan lebih kok belum masuk halaman 1 juga?
D: Apa kontennya sudah dipromosikan?
P: Sudah mas
D: Gimana tutorial promosinya?
P: Saya post di Facebook, Twitter, Google+
D: Itu aja?
P: Iya baru itu aja
Pertanyaan-jawaban semacam ini sering saya terima lewat Facebook atau email dari pembaca.
Ada yang tau salahnya dimana?
TERLALU singkat!
Promosi File itu bukan pekerjaan sekali jalan…
Semakin tinggi persaingannya, mestinya proses promosi File semakin panjang. Bahkan Seandainya wajib hingga berbulan-bulan.
hingga targetnya tercapai, halaman 1.
(tapi nggak mesti tiap hari…asal jangan ditelantarkan)
Bagaikan contoh, Disorientasi satu artikel di PanduanIM ini memakan waktu 3 bulan sejak dibuat hingga masuk ke halaman 1 Google:
Rangking File peluang usaha
Sejak diterbitkan hingga masuk ke halaman 1, selama 3 bulan promosinya terus dilakukan dengan cara rutin.
Saya tak akan membahas semua teknik distribusi File di di panduan ini, di karenakan bakal Jadi terlalu panjang…
…di karenakan itu, silahkan Futuristis 3 panduan berikut:
13 teknik promosi File (jangan dilewati konsepnya)
Studi kasus: melonjakkan pengunjung Website hingga 419%
14+7 tutorial mendapatkan backlink berkualitas
Ketiga artikel Itu wajib dipahami Seandainya kalian ingin Jadi peringkat 1 di Google.
Tapi jangan baca sekaligus semuanya, kebanyakan.
di karenakan artikel ini berupa studi kasus, saya akan membahas teknik-teknik mana yang paling efektif di saya gunakan di PanduanIM:
Membuat komunitas sendiri di social media
Waktu PanduanIM masih baru, sekitar 2-3 bulan pertama, saya coba-coba bikin komunitas sendiri di Facebook.
Ternyata hasilnya luar biasa.
Grup Facebook ini waktu pertama kali dibuat Bisa mendapatkan 2000 anggota lebih di 1-2 hari.
Ini yang saya lakukan:
Buat grup di Facebook
Cari grup lain yang aktif di topik yang Serupa
Buat File di bentuk file (PDF, video, dll.)
Post File Itu di grup kalian sendiri
Beritahukan File Itu ke grup lain, ajak mereka bergabung ke grup kalian untuk mendownload kontennya
Ini lokasi menu untuk membuat grup, untuk yang belum Sempat:
tutorial membuat grup FB
Seandainya audiens kalian bukan Pemakai Facebook, alternatifnya Yaitu Google+, BBM, Line@, Instagram, dll.
Bisa juga coba lebih dari 1 Seandainya kalian punya banyak waktu.
Di grup yang saya buat, setiap kali mem-posting link baru maka ada sekitar 300-500 pengunjung ke website ini.
Lumayan kan?
Semakin banyak pengunjungnya, semakin tinggi juga peluang kita mendapatkan backlink.
Membuat expert roundup
Teknik ini sangat populer di luar negeri, tapi masih sangat jarang digunakan di Indonesia.
Expert roundup itu artikel yang isinya kumpulan opini atau tips terhadap suatu topik dari para Ahli di bidangnya.
Strategi blogging roundup
File seperti ini hampir selalu mendapatkan banyak share dan backlink.
Alasannya di karenakan para Ahli yang kita sertakan di dalamnya akan Empati mempromosikan File Itu.
di beberapa jam Seusai diterbitkan, trafficnya langsung meledak:
Pengunjung meningkat drastis
tak banyak yang mau memakai teknik ini di karenakan mereka malu atau takut untuk mewawancara para Ahli.
Padahal sebetulnya tak sulit, tinggal kirim email.
Guest blogging di Website yang populer
Ini tutorial yang menurut saya paling mudah.
Bayangkan, dengan numpang nulis di Website orang lain yang sudah populer, artinya kita akan mendapatkan:
Pengunjung dari mereka
Backlink yang berkualitas
Tanpa biaya, tanpa repot.
Beberapa hari Seusai menerbitkan guest post, efeknya Bisa langsung terlihat:
Ratusan pengunjung di sehari…
Hasil guest blogging dari 1 post
Tapi hati-hati…
di karenakan guest blogging itu gampang dimanipulasi, Google mengeluarkan peringatan terhadap guest blogging yang dilakukan sembarangan.
Ini kutipan dari Matt Cutts waktu dia masih di Google:
" Guest blogging can be done; This specific’s just gotten too spammy. In general I wouldn’t recommend accepting a guest Website post unless you are willing to vouch for someone personally or know them well. Likewise, I wouldn’t recommend relying on guest posting, guest blogging sites, or guest blogging SEO as a linkbuilding strategy.
Intinya, sekarang ini banyak yang menjalankan guest blogging dengan cara massal…sehingga dianggap spam.
Maka dari itu, perhatikan hal-hal berikut sebelum menjalankan guest blogging:
Pilih Website yang reputasinya bagus (caranya? lihat sendiri dengan mata telanjang, tak sulit)
Jangan menawarkan uang atau imbalan lainnya
Jangan gunakan jasa guest blogging
Buat File yang berkualitas untuk guest post kalian
Jangan lakukan guest blogging di banyak Website sekaligus
Serupa seperti aspek SEO lainnya, kualitas lebih penting daripada kuantitas.
Seandainya dilakukan dengan tepat, tak wajib khawatir dengan resiko penalti. Banyak perusahaan startup ataupun perusahaan besar yang menjalankan guest blogging Bagaikan bagian dari strategi pemasarannya.
Bingung Berawal Dari dari mana? Lakukan ini
Itulah semua strateginya.
Sesulit apapun persaingannya, kalian pasti Bisa masuk ke halaman 1 Seandainya semua strategi di atas dilakukan dengan tepat.
Sekarang kita simpulkan semuanya Jadi satu.
Sebetulnya artikel ini tadinya mau dibuat singkat, tapi entah kenapa Jadi panjang di karenakan banyak juga konsep yang wajib dibahas.
dengan cara sederhana, ini urutan kerjanya:
Langkah 1: Tentukan 1 topik File atau keyword yang ingin kalian incar untuk mendapatkan peringkat 1. Cari tahu File jenis apa yang terbaik untuk keyword Itu.
Langkah 2: Catat 5 File teratas di halaman 1 Google, tulis poin/materi apa yang ada di di File Itu. Catat juga kekurangan-kelebihannya.
Langkah 3: Rencanakan File kalian sendiri, materinya wajib lebih berkualitas.
Langkah 4: Pilih beberapa dari 8 resep yang Bisa digunakan di File Itu untuk mendapatkan backlink.
Langkah 5: Buat kontennya. Jangan buru-buru, File yang bagus memakan waktu lebih dari 1-2 hari. Pastikan File ini Jadi yang terbaik daripada yang sudah ada.
Langkah 6: Rencanakan promosinya. Buat daftar website untuk guest post, cari komunitas yang tepat, dll.
Langkah 7: Lakukan promosi dengan cara rutin (seminggu sekali, seminggu 2 kali, terserah kalian) hingga targetnya tercapai
Perkataan orang, SEO itu bukan ilmu pasti.
Maksudnya, mereka tak Bisa menjamin bahwa website atau File yang mereka buat Bisa masuk ke halaman 1 di Google.
Atau bahkan Jadi peringkat 1.
Walaupun katanya kontennya sudah berkualitas.
Lalu di Hepotenusa lain ada File yang jelek, tak berkualitas, tapi Bisa di peringkat 1 mengalahkan website-website yang lebih bagus.
Gara-gara ini, banyak yang menganggap SEO itu untung-untungan.
Tapi tak benar.
Ada tutorial yang Bisa kita lakukan untuk menjamin 100% keyword yang kita incar masuk ke halaman 1, bahkan Jadi peringkat 1.
Saya akan buka semua rahasianya.
Ada tutorial supaya kita Bisa PASTI masuk halaman 1, ini beberapa studi kasusnya…
Di Website dan forum mengenai IM, saya sering lihat orang-orang menjual ebook atau jasa SEO yang katanya Bisa “memaksa” Google supaya kita Jadi peringkat 1.
Seakan-akan website kita Bisa Jadi peringkat 1 di sekejap.
Biasanya bohongan…
…kebanyakan isinya cuma teknik SEO dasar atau teknik black hat yang resikonya tinggi.
Tapi sebetulnya ada. Ada tutorial yang Bisa kita lakukan untuk pasti masuk ke halaman 1 Google. Saya tak bilang mudah, tapi Bisa.
Ini peringkat beberapa File di PanduanIM:
Peringkat 1 untuk keyword “peluang usaha” dengan volume pencarian lebih dari 60 ribu. Artikel ini juga mendapatkan peringkat 1-2 untuk keyword “peluang bisnis” (20 ribu).
Peringkat 1 peluang usaha
Peringkat 1 untuk keyword “Berguru SEO” dengan volume pencarian lebih dari 3000. Bersaing dengan orang-orang yang ahli mengenai SEO.
Peringkat 1 Berguru SEO
Peringkat 2 untuk keyword “bisnis online” dengan volume pencarian lebih dari 60 ribu.
Peringkat 2 bisnis online
Peringkat 2 untuk keyword “tutorial membuat Website” dengan volume pencarian lebih dari 100 ribu.
Peringkat 2 tutorial membuat Website
Di komputer kalian mungkin posisinya berbeda 1-3 peringkat, di karenakan tiap komputer Bhineka
Masih ada lagi sebetulnya, tapi di atas ini merupakan beberapa yang persaingan dan volume pencariannya cukup tinggi.
Ada 3 hal yang wajib saya beritahu:
Saya tak mengeluarkan biaya sepeser pun untuk memakai jasa SEO, backlink, kontes SEO, dsb. Semuanya dilakukan sendiri
Saya tak memakai teknik black hat seperti membuat PBN, Website zombie, dan/atau software pembuat backlink
hingga masuk ke halaman 1, File-File di atas membutuhkan waktu antara 2-5 bulan
Intinya, tutorial ini 100% aman dari penalti…
…dan Bisa dilakukan oleh semua orang.
Saya tak bilang bahwa tutorial ini sangat mudah, tapi saya yakin ini Bisa dilakukan oleh semua orang Seandainya mereka mau sedikit berusaha.
Mari kita Berawal Dari.
1. Cari tahu jenis File yang dibutuhkan untuk keyword yang kalian pilih
File itu bukan cuma artikel, ya kan?
Tapi di karenakan artikel itu jenis File yang paling mudah, biasanya orang-orang selalu membuat File di bentuk artikel untuk keyword apapun.
Ini yang bahaya.
Google tahu File apa yang dibutuhkan untuk suatu keyword.
Seandainya misalnya di suatu keyword ternyata yang dibutuhkan itu File berupa halaman produk, video, atau tool, maka File artikel tak akan Bisa mendapatkan rangking 1.
Meskipun kualitas artikelnya tinggi.
Ini sudah dibahas lebih lanjut di panduan memahami search intent. Seandainya kalian belum baca, saya sarankan baca sekarang juga.
Sederhananya seperti ini:
Contoh, keywordnya “beli laptop asus”
Orang yang memakai keyword Itu pasti ingin membeli laptop dengan merek Asus, bukan ingin Menelusuri artikel yang berisi panduan membeli laptop.
Maka ini termasuk keyword jenis transactional.
Sehingga, hasil pencarian dengan keyword Itu pasti berupa halaman produk dari toko online.
Lihat aja:
Hasil pencarian beli laptop asus
tak ada satupun yang berupa artikel. Hampir semuanya halaman produk atau halaman kategori dari toko online.
Contoh lainnya, keyword “promo tiket pesawat”
Ini hasil pencariannya:
Bukan artikel
Serupa, tak ada satupun yang berupa artikel.
Jadi Seandainya kalian membuat artikel yang berisi promo tiket pesawat, tak akan Sempat masuk halaman 1.
Maka dari itu, jangan hingga Disorientasi buat File.
Seandainya website kalian berupa ecommerce/toko online…
Tambahan 1 hal, Seandainya kalian pemilik toko online.
Biasanya toko online mengincar keyword-keyword dengan intent transactional (beli laptop, beli baju batik, dll.) seperti contoh pertama tadi.
Pemilik toko online biasanya ingin supaya halaman produknya yang masuk ke peringkat 1.
Tapi ada 1 masalah:
Keyword transactional biasanya sudah dipenuhi oleh ecommerce dan marketplace raksasa seperti Lazada, BukaLapak, Tokopedia, Bhinneka dll.
Persaingan toko online
Saingannya berat, apalagi untuk produk yang Generik.
Nah, Seandainya toko online kalian hanya mengincar keyword-keyword transactional maka akan sangat sulit untuk Bisa masuk ke halaman 1.
Apalagi Seandainya kalian tak ingin mengeluarkan biaya promosi seperti para raksasa ini.
Maka dari itu, ini saran saya:
Buatlah File yang bersifat informasi dan isinya sesuai dengan produk/jasa yang kalian jual.
Bisa di bentuk artikel, video, atau File lainnya.
Pokoknya supaya website kalian bernilai.
Ini di karenakan File informasi itu Bisa dishare melalui social media, forum, atau Website milik orang lain, Padahal halaman produk sangat jarang.
di karenakan website kita bernilai dan sering dishare, maka Google akan menganggap website kita reputasinya bagus.
Seusai itu, peringkat halaman produk juga akan Empati naik.
Ada manfaat lainnya: File juga Bisa membantu melonjakkan penjualan.
2. Pahami faktor yang mempengaruhi peringkat di Google
Yang sudah kenal dengan SEO pasti langsung jawab: “Backlink”.
Memang betul, backlink memang faktor utamanya…
…tapi tak sesederhana itu.
Backlink memang Bisa mempengaruhi peringkat website, tapi tak SEMUA backlink Bisa mempengaruhi peringkat. Bahkan Seandainya Disorientasi justru pengaruhnya negatif.
Backlink itu tak Serupa semua.
Jenisnya Bhineka, kualitasnya juga Bhineka.
Sebelum itu, mari kita bahas Dulu faktor-faktor apa aja yang tak berpengaruh dan Bisa berdampak negatif. Supaya kalian tak Disorientasi langkah.
Ini yang tak berpengaruh dan bahkan Bisa berdampak negatif:
memakai bold/italic/underline di keyword
Menulis keyword beberapa kali di File
Banyak heading (H1, H2, H3,…) yang mengandung keyword
Share File otomatis ke social media
Memasang backlink di komentar Website, social bookmarking, guest book, dan sejenisnya
Membuat backlink dari web 2.0, Private Website Network (PBN), dan Website zombie
Saya sering mendapat pertanyaan dari pembaca, keywordnya wajib muncul berapa kali di 1 halaman… headingnya wajib berisi berapa keyword… wajib ada berapa internal link…
…jangan terlalu pusing dengan itu, tak terlalu berpengaruh.
Mengenai backlink, jenis yang nomor 5 sekarang sudah tak berpengaruh Padahal nomor 6 Bisa berpotensi menyebabkan penalti.
Lebih lanjut mengenai backlink Bisa dibaca di artikel ini.
Itu yang Anemia bagus…sekarang mari kita bahas yang bagus.
Keyword di URL & judul halaman
Ada on-page SEO, ada off-page SEO. Untuk on-page SEO (selain keyword research dan pembuatan File), sebetulnya tak banyak yang wajib kita lakukan.
Fokus di 2 hal ini aja.
Lokasi keyword di halaman website
Jadi Seandainya keyword yang kalian pilih misalnya “Berguru presentasi”, maka sertakan keyword Itu di di judul halaman dan di URL-nya.
Jangan terlalu banyak buang-buang waktu di on-page SEO, apalagi Seandainya website kalian bentuknya sederhana (Website misalnya).
Backlink kontekstual dan editorial dari website dengan reputasi tinggi
Waduh istilahnya bikin pusing.
Saya tadi bilang ada banyak jenis backlink, beberapa yang tak bagus sudah disebutkan di atas.
Inilah jenis backlink yang mampu melonjakkan rangking website kalian dengan cara drastis. Bahkan Seandainya kalian hanya punya 1.
Pengertiannya Dulu:
Backlink kontekstual Yaitu backlink yang muncul di suatu bagian halaman website yang membahas topik Eksklusif. Misalnya di di artikel mengenai sepakbola ada link ke website lain, berarti link Itu termasuk backlink kontekstual di topik sepakbola.
Backlink editorial artinya backlink yang diberikan atas kemauan si pemilik website sendiri. Bukan di karenakan imbalan (uang, barter, dll.), melainkan di karenakan mereka benar-benar ingin merekomendasikan website/File kalian.
Pahami bagus-bagus…
Sederhananya, ada 1 Disparitas yang Fundamental antara backlink yang bagus dan yang tak bagus:
Backlink yang bagus diberikan oleh orang lain atas kemauan mereka sendiri. Padahal backlink yang Anemia bagus itu yang kita buat sendiri.
Oh ya, kalian mungkin Sempat dengar Perkataan orang yang bilang bahwa kita wajib mendapatkan puluhan atau ratusan backlink supaya Bisa masuk halaman 1 Google.
tak benar.
Seandainya backlinknya berkualitas, kita Bisa Jadi peringkat 1 hanya dengan 1-2 backlink.
Artikel-artikel di PanduanIM di screenshot yang saya tampilkan di atas tadi rata-rata hanya mendapatkan 5, bahkan ada yang Anemia.
Seandainya kalian sudah mendapatkan ratusan backlink tapi belum masuk halaman 1, berarti backlinknya Disorientasi.
Faktor kepuasan pengunjung
Ini faktor yang penting, tapi sering diabaikan.
Mari kita berlogika…
Google itu suatu bisnis, mereka punya saingan (Bing, DuckDuckGo, dll).
Gimana coba caranya supaya mereka Bisa unggul dari saingannya? Gampang, caranya dengan membagikan hasil pencarian yang memuaskan untuk para penggunanya.
Betul nggak?
Seandainya kita Bagaikan Pemakai tak puas dengan Google, lama-lama bakal Berpindah ke search engine lain.
Makanya Google pasti akan selalu berusaha supaya hasil pencarian yang dimunculkan memuaskan buat kita, supaya kita tak beralih ke produk lain.
Oke, tapi gimana caranya supaya puas?
Tampilkan website yang tampilannya tak membuat frustrasi, yang loadingnya tak lambat, dan Seandainya dibuka dari mobile berikan yang mobile-friendly.
Dan 1 lagi yang paling penting:
Website yang kontennya paling berkualitas.
Faktor kepuasan pengunjung
Seandainya kalian sekarang sudah punya website, bayangkan dari sudut pandang para pengunjung. Kira-kira mereka akan puas atau tak dengan website kalian?
Seandainya puas, berarti bagus.
Seandainya belum, tingkatkan lagi.
3. Buat File yang Bisa mengundang backlink (dengan 8 resep ini)
Tahap ini mungkin kesannya rumit, bikin ribet, atau terlalu Lebih, apalagi Seandainya kalian masih pemula. Tapi pahami bagus-bagus, di karenakan ini kuncinya.
Dari Elaborasi di atas, kita sudah sepakat bahwa backlink kontekstual & editorial itu yang paling besar efeknya.
Tapi coba kita berpikir ulang…
…kenapa sih orang-orang masih suka cari backlink dengan tutorial submit ke social bookmarking, guest book, komentar Website, dan teknik black hat Padahal tak bagus?
Ada 2 alasan:
Pertama, di karenakan mudah.
Tinggal submit langsung Bisa backlink.
Padahal tak juga. Susah, di karenakan pengaruhnya sangat kecil. Jadi kalian mesti submit ke ratusan atau ribuan website baru efeknya Berawal Dari kelihatan
(itu pun Seandainya belum terkena penalti).
Kedua, di karenakan tak ada yang mau membagikan backlink.
Seandainya kalian seorang pemilik website (terutama blogger), pasti paham maksud saya. Tiap kali bikin artikel, tak ada Serupa sekali yang mau membagikan backlink.
Saya juga Dulu begitu…
Jadi daripada backlinknya nol, mending submit ke social bookmarking, komentar Website, dll…
Inilah yang akan kita bahas sekarang.
Untuk itu, ada 1 hal yang wajib kalian pahami Dulu:
Wajar kan, coba bayangkan:
Di suatu tempat ada seorang blogger yang tak kalian kenal. Si blogger ini membuat artikel yang biasa-biasa aja, tak ada istimewanya…
…apakah kalian Bagaikan pemilik website akan rela membagikan backlink?
Mustahil.
Ngapain juga ngasih backlink, ya kan…kontennya biasa aja…
Maka dari itulah kita butuh 8 resep ini.
8 resep ini Seandainya kita gunakan, File kita akan Jadi luar biasa. Lebih bagus, menarik, berkualitas, daripada File lain. Lebih istimewa.
Sehingga File kita punya peluang besar untuk mendapatkan backlink.
Inilah dia:
Resep 1 – Topik yang Bisa dijadikan referensi
Beberapa hari yang lalu saya chatting dengan beberapa teman saya di Disorientasi satu grup, ngobrol mengenai web programming.
Lalu muncul istilah “front-end” dan “back-end”.
setelah itu ada yang tanya artinya apaan.
Ini Seandainya dijelaskan lengkap bakal panjang.
di karenakan kita lagi chatting, males kan ngetik panjang-panjang.
setelah itu supaya gampang, Disorientasi satu orang di grup chatting ini menaruh link ke artikel yang berisi pengertian dan Elaborasi 2 istilah Itu.
Itu maksud dari “topik yang Bisa dijadikan referensi”.
Artikel Itu direkomendasikan di karenakan Bisa membantu untuk jelaskan mengenai suatu hal.
Cerita di atas memang bukan backlink, tapi kasusnya berlaku:
Misalkan ada blogger yang menulis artikel, dia wajib jelaskan sesuatu yang tak terlalu Herbi dengan topik utamanya. Daripada menulis panjang lebar, dia Bisa merekomendasikan File kalian Bagaikan referensi.
saat direkomendasikan oleh orang lain, kita mendapat backlink.
Jadi, pilihlah topik yang Bisa dijadikan referensi.
Resep 2 – Mengandung data/statistik yang terpercaya
Alex Turnbull di artikelnya di Buffer menyebutkan bahwa (judul) artikel yang mengandung data mendapatkan lebih banyak pembaca daripada yang tak.
Bedanya hingga 42%:
data-headline-reuslts
untuk orang-orang yang membuat File, data Bisa membuat File mereka Jadi lebih terpercaya dan lebih menarik. Sehingga lebih banyak pembaca.
Nah, Seandainya kita menyediakan data, maka data Itu Bisa dikutip oleh orang lain.
saat data Itu dikutip, mereka akan membagikan backlink.
(seperti yang saya lakukan barusan untuk menunjukkan data di atas)
Contohnya lagi, lihat artikel dari Tech in Asia ini:
Data Pemakai social media Indonesia
Di di artikel ini, si penulisnya mengutip data jumlah Pemakai social media di Indonesia (datanya berasal dari sumber lain).
Lihat backlinknya:
Jumlah backlink artikel TIA
Ada 28 backlink dari 13 domain.
Seandainya dilihat, backlink-backlink ini berasal dari orang-orang yang mengutip data yang mereka cantumkan di artikel Itu.
Backlink dari situs pemerintah
Jadi, dengan mencantumkan data kita Bisa mendapatkan backlink.
Pertanyaannya, bagaimana tutorial mendapatkan/membuat data?
Ini beberapa tutorial yang paling mudah:
Lakukan survey online dengan Google Forms, sebarkan ke komunitas online
Lakukan analisa terhadap sesuatu di di website/bisnis kalian sendiri
Kutip data dari website lain, jangan lupa sertakan sumber
Resep 3 – Kebanggaan atas identitas pribadi
Untuk jelaskan maksudnya, saya akan gunakan contoh.
Misalkan Seandainya saya ini seorang Bonek (pendukungnya klub Persebaya), lalu saya baca artikel ini dari IDNTimes:
Artikel bonek 8500 share
Pasti bakal saya share.
Orang-orang yang bangga dengan identitasnya Bagaikan Bonek akan bagikan artikel Itu kepada teman-temannya ke social media.
di karenakan mereka bangga, dan mereka ingin teman-temannya tahu bahwa mereka bangga.
Itulah yang terjadi di artikel Itu.
Lihat aja jumlah share-nya…8500
Gila.
Itu alasannya mengapa File yang mengandung identitas golongan atau pribadi Jadi sangat populer. di karenakan orang-orang dengan identitas Itu merasa bangga dan ingin terlihat positif.
Resep 4 – Lebih lengkap daripada yang lain
Lihat grafik ini:
Korelasi panjang artikel dan jumlah backlink
Gambar Itu Yaitu hasil analisa dari Moz terhadap panjang artikel yang mereka terbitkan di blognya.
Ternyata, artikel panjang cenderung mendapatkan banyak backlink.
Logikanya seperti ini:
Bayangkan ada artikel A dan B, topiknya Serupa, gaya penulisannya Serupa.
Artikel A cuma membahas poin-poin dengan Elaborasi singkat. Padahal artikel B jelaskan dengan cara detail langkah-langkahnya, disertai gambar, contoh supaya jelas dan mudah dipahami.
setelah itu teman kalian butuh informasi mengenai topik Itu.
Artikel mana yang akan kalian rekomendasikan?
B, pasti.
…itulah alasannya.
Itu yang saya lakukan di artikel panduan SEO yang sekarang Jadi peringkat 1 di Google. Ini bab-bab yang ada di dalamnya:
Bab di panduan seo
Sebelum ini, belum Sempat ada artikel di bahasa Indonesia yang membahas lengkap mengenai SEO dari A-Z.
Seandainya orang mau Berguru SEO, biasanya mereka wajib buka beberapa Website, forum, atau cari di situs berbahasa Inggris.
Maka dari itu, saya membuat panduan Itu.
Totalnya kira-kira hampir 10.000 Perkataan.
Hasilnya, sekitar 2-3 bulan setelah itu panduan Itu menempati peringkat pertama di Google.
Resep 5 – Isinya Bisa langsung diterapkan
Coba kita uji ingatan…
…apa isi berita di koran yang kemarin kalian baca?
Sebagian orang yang saya tanyakan pertanyaan ini biasanya sudah lupa, sebagiannya lagi baru ingat Seusai beberapa detik/menit.
Kenapa Bisa lupa?
di karenakan sebagian besar artikel di koran itu tak membawa dampak apapun ke di Hayati kita. Meskipun isinya bagus, tapi tak punya dampak yang berarti.
Makanya di sehari juga sudah lupa.
Sekarang bayangkan File di website kalian seperti contoh tadi.
Seandainya para pengunjung website sudah lupa dengan website kalian, mereka tak akan Bisa merekomendasikan website kalian.
Beda dengan kasus berikut:
Akhir tahun 2014, saya tak sengaja ketemu video yang mengajarkan tutorial Genjah untuk mengikat tali sepatu.
Ini videonya:
Lalu saya coba ikuti panduannya, ternyata memang lebih Genjah daripada tutorial yang saya lakukan selama ini.
Sejak menonton video Itu hingga sekarang, tutorial saya mengikat tali sepatu berubah Jadi persis seperti yang diajarkan.
Ini contoh “File yang Bisa diterapkan”.
Seandainya File kalian Bisa langsung diterapkan oleh pengunjung, mereka akan selalu ingat dengan website kalian.
Seperti video di atas, sudah hampir 2 tahun tapi masih saya ingat.
Resep 6 – Membangun Interaksi positif dengan pemilik website lain
Bayangkan kasus ini:
Ada 2 orang yang butuh dukungan dari kalian. Kondisi permintaannya Serupa persis. Bedanya, yang satu dari teman bagus kalian, yang satunya orang tak dikenal.
kalian cuma boleh membantu 1 orang.
Yang mana yang akan kalian bantu?
Wajarnya sih teman sendiri…
Kita Bagaikan manusia cenderung lebih rela untuk menolong orang yang kita kenal bagus, meskipun permintaannya lebih berat.
Ini juga berlaku untuk backlink.
Kita ingin mendapatkan backlink dari pemilik website lain, ya kan?
Maka kalian wajib menjalin Interaksi positif dengan mereka. Seandainya mereka kenal dengan kalian, maka mereka akan lebih mau untuk membagikan backlink.
Caranya? Kita Berawal Dari dari File kita sendiri.
Yaitu dengan membagikan backlink duluan melalui File kalian ke File mereka.
Link ke dapur uang
Di artikel Itu saya ingin supaya pembaca paham tutorial membuat toko online dengan WordPress.
di karenakan itu, saya merekomendasikan artikel dari Dapur Uang di karenakan isinya yang paling lengkap dibandingkan yang lainnya.
tak lama setelah itu Mas Eka Juan, pemiliknya Dapur Uang, memasang link ke website saya juga:
Backlink dari dapur uang
Resep 7 – mempunyai aset bernilai
Semua website kejar-kejaran bikin artikel.
Akibatnya, orang-orang sudah bosan dengan sekedar artikel. Lihat aja di timeline Facebook dan Twitter, link artikel semua.
Artikel itu sifatnya “lemah”.
Seandainya File kalian cuma berupa artikel, cuma huruf tanpa yang lainnya, maka File kalian lemah. Terutama di karenakan tak menarik dan sudah terlalu Generik.
di karenakan itulah sebaiknya artikel selalu ditunjang aset yang lebih bernilai.
Ini yang saya maksud:
Gambar, foto, infografis
Video
Tool, software, app
Data/statistik (sudah dibahas tadi)
File PDF: ebook, checklist, dll.
Template, plugin
Semuanya memang lebih susah dibuat dibandingkan sekedar artikel, tapi hasilnya juga akan jauh lebih tinggi.
Dari daftar di atas, menurut saya yang paling mudah dibuat itu nomor 1 dan 5.
Menurut Neil Patel dari Quicksprout, File infografis rata-rata mendapatkan 37.5% backlink lebih banyak daripada artikel biasa.
Bahkan sekedar foto jepretan sendiri pun lebih bagus
Blogger-blogger Indonesia suka memakai gambar yang diambil dari website lain. Nah, saat gambar ini digunakan maka mereka akan mencantumkan sumbernya.
saat gambar kalian digunakan, kalian mendapatkan backlink.
Contoh lainnya, template (misalnya template Website).
Mas Sugeng dari Sugeng.id sering untuk-untuk template gratis lewat blognya. Hasilnya, banyak yang membagikan backlink ke blognya.
Halaman paling banyak mendapatkan backlink di Sugeng-id
Lihat angka di atas, 3 dari 5 halaman yang mendapatkan backlink terbanyak berasal dari halaman download template.
Maka dari itu, sediakan “aset” di File kalian.
Resep 8 – Memicu kontroversi
Kontroversi yang saya maksud di sini bukan berarti membuat artikel yang berisi cerita palsu, cari ribut, atau yang menyebar kebencian.
Kontroversi itu maksudnya begini:
Misalnya di suatu topik ada 2 Hepotenusa atau lebih. Kita Bagaikan pembuat File memilih dan mendukung satu Hepotenusa.
Seperti di SEO, ada konsep black hat dan white hat. di Website ini termasuk di artikel ini saya berdiri di Hepotenusa white hat, bukan black hat. Maka dari itu para praktisi black hat SEO terkadang tak suka dengan beberapa File di Website ini.
Jadi ada 2 pihak yang bertentangan saat membaca File kalian.
di File kita dishare, kedua Hepotenusa ini akan saling berdiskusi dan berdebat antara setuju-tak setuju
Sehingga akan menarik perhatian banyak orang.
Jumlah share artikel blogging
Jumlah share-nya lumayan banyak.
Di di artikel itu saya menyebutkan bahwa blogger mestinya menghindari memakai AdSense Bagaikan sumber pendapatan.
Lantas artikel Itu di-share ke komunitas AdSense.
Akibatnya, orang-orang di di grup Jadi banyak yang mengomentari.
Ada yang positif, ada yang negatif.
Beberapa orang yang setuju dengan pernyataan saya setelah itu merekomendasikan artikel Itu lewat blognya.
Sehingga artikel Itu masuk ke halaman 1 Google:
Peringkat 4 tutorial mendapatkan uang dari Website
Padahal tak Sempat saya carikan backlink.
Perhatikan beberapa hal ini saat membuat File kontroversi:
Topik dan isinya wajib positif untuk satu pihak
Jangan omong kosong, justru akan merusak reputasi kalian sendiri
Semua pernyataan yang kalian buat wajib masuk akal dan Bisa dibuktikan
Intinya, File kalian bukan sekedar cari ribut.
wajib ada kalangan yang setuju dengan tutorial berpikir kalian.
Misalnya Seandainya kalian membuat artikel yang berisi kekecewaan terhadap suatu produk, isinya wajib benar-benar terjadi. Bukan hanya omong kosong.
Itulah 8 resep membuat File yang mampu mengundang backlink.
tak semuanya wajib disertakan di suatu File, tapi semakin banyak semakin bagus.
Selain 8 hal Itu, ada 1 lagi yang wajib:
4. Buat File dengan kualitas lebih tinggi daripada yang ada di halaman 1 Google
Misalkan saya ingin Berguru main gitar.
Lalu saya cari tutorialnya di Google.
Ternyata di peringkat 1 ada panduan yang lengkap, mudah dimengerti, dilengkapi gambar, video, dan bahan latihan. Ini panduan terbaik yang ada sekarang.
setelah itu ada seorang blogger yang mengincar keyword itu juga.
Dia buat 1 artikel, judulnya “tutorial Berguru Main Gitar”.
Di di artikel ini cuma ada tips-tips singkat, tanpa tutorial, tanpa gambar, tanpa video. Hanya ada tulisan sepanjang 500 Perkataan.
Seandainya kalian Sempat Berguru gitar, pasti tahu bahwa 500 Perkataan sangat tak cukup untuk jelaskan tutorial bermain gitar.
Nah, pertanyaannya:
dengan cara logika, apakah mungkin artikel 500 Perkataan buatan si blogger ini mengalahkan File yang sudah ada di halaman 1 tadi?
Hampir mustahil…
…kecuali Seandainya entah bagaimana caranya dia Bisa memanipulasi Google.
File yang lengkap tadi pasti lebih banyak direkomendasikan, lebih banyak mendapatkan backlink, dan lebih disukai oleh orang banyak.
Inilah mengapa kualitas itu yang nomor 1.
Di atas tadi kita sudah lihat ada 8 resep untuk mendapatkan backlink. Seandainya File yang kalian buat tak lebih berkualitas daripada yang sudah ada sekarang, semua resepnya sia-sia.
Sekarang kita akan Berguru bagaimana membuat File berkualitas.
Caranya?
Dengan metode KTP.
dengan cara singkat, inilah 3 langkah yang akan kalian lakukan untuk membuat File berdasarkan metode Itu:
Kumpulkan artikel-artikel terbaik di topik yang Serupa
Tingkatkan isinya supaya artikel kita Jadi yang terbaik
Promosikan ke orang yang tepat (dibahas di poin 5 di bawah)
Sekarang akan kita bahas nomor 1 dan 2 Dulu.
Supaya lebih mudah dipahami, saya akan memakai panduan SEO dari PanduanIM Bagaikan studi kasus. Artikel ini ada di peringkat 1 untuk Perkataan kunci “Berguru seo”
Studi kasus: proses pembuatan artikel panduan SEO
Kita analisa Dulu keyword utamanya: “Berguru seo”.
Yang jelas, orang yang menjalankan pencarian dengan keyword ini pasti ingin Berguru, bukan membeli kursus atau jasa SEO.
Keyword ini butuh File berupa panduan, Bisa berupa artikel, ebook, atau video. Saya pilih yang paling mudah dibuat, Yaitu artikel.
Langkah 1 – Mengumpulkan artikel-artikel di topik yang Serupa
Ini tahapan wajib. Meskipun kalian sudah paham dengan apa yang akan kalian tulis, tapi kalian tetap wajib Menelusuri artikel-artikel lain di topik yang Serupa.
Tujuannya:
Supaya tahu materi apa aja yang wajib dibahas
Supaya tahu seberapa kualitas File yang ada di halaman 1, supaya kita Bisa membuat yang lebih bagus lagi
di karenakan itu saya cari di Google dengan keyword “Berguru seo”.
setelah itu semua website di halaman pertama saya catat di Google Sheets (Bisa juga di Excel), beserta keterangannya.
Ini catatannya:
Ringkasan hasil pencarian Berguru SEO
Hasilnya Anemia memuaskan.
Belum ada panduan yang benar-benar terstruktur dari dasar hingga tuntas.
Seandainya saya ini seseorang yang ingin Berguru SEO, maka kelima website Itu sepertinya tak akan Bisa membuat saya Jadi benar-benar paham.
Artinya:
Peluang untuk Jadi peringkat 1 terbuka lebar, di karenakan saya yakin Bisa membuat File yang lebih bagus
Artikel-artikel di hasil pencarian tadi tak Bisa dijadikan patokan
di karenakan itu, saya beralih ke Perkataan kunci Inggris “seo guide”.
Jauh lebih bagus:
Ringkasan hasil pencarian SEO guide
Kelima File ini yang saya jadikan tolak ukur.
Terutama 2 artikel dari Moz dan QuickSprout yang sekarang memang sering dijadikan tempat rekomendasi untuk Berawal Dari Berguru SEO.
di tahap ini, bayangkan kalian yang ingin Berguru…
…dengan demikian kalian Bisa tahu apa kekurangan dan kelebihan dari masing-masing File.
Langkah 2 – Buat struktur File yang lebih bagus lagi
Seusai membaca-baca berbagai panduan SEO di 2 bahasa ini, saya Bisa tahu seperti apa yang bagus dan seperti apa yang Anemia bagus.
Saya juga Bisa tahu materi apa yang sebaiknya dibahas dan tak dibahas.
Seusai itu, disusunlah strukturnya:
Struktur artikel Berguru SEO
Supaya kualitasnya lebih bagus, maka saya buat supaya:
Materinya lebih lengkap daripada yang lain di B. Indonesia
Bisa langsung diterapkan oleh pembaca
Formatnya lebih enak untuk dibaca
Ada aset berupa file PDF yang Bisa didownload
Dari 8 resep di atas, 3 di antaranya disertakan di panduan SEO yang saya buat.
Itu sebabnya artikel ini Bisa Jadi peringkat 1.
Hati-hati di tahap ini:
Seandainya kalian membuat artikel berbahasa Indonesia dan memakai artikel Inggris Bagaikan patokannya (seperti yang saya lakukan tadi), JANGAN membuat artikel terjemahan.
Selalu buat File yang berbeda dan lebih bagus.
Seandainya kalian langsung menerjemahkan dari Bahasa Inggris, tak akan Bisa masuk ke halaman 1 di karenakan kemungkinan besar sudah ada orang lain yang menerjemahkan juga.
Akan dianggap Bagaikan duplicate content.
Tips untuk website ecommerce
Tadi sudah saya jelaskan apa yang wajib dilakukan oleh website ecommerce; membuat File informasi, supaya websitenya bernilai untuk pengunjung.
Ada 1 hal lagi:
Buat supaya halaman produk kalian lebih bagus daripada website lain.
Misalnya sediakan foto yang bagus, Elaborasi produk yang menarik (bukan asal copy-paste), tampilkan review dari pembeli, dan berikan “aset” berupa kupon diskon.
Intinya buat mereka lebih puas saat berkunjung.
5. Promosikan File hingga masuk ke halaman 1
Saya tekankan Perkataan hingga.
Ini sekilas percakapan yang betul terjadi di Facebook antara saya (D) dengan seorang pembaca (P):
P: Mas Darmawan, saya sudah buat File berkualitas sesuai yang diajarkan di PanduanIM, tapi sudah sebulan lebih kok belum masuk halaman 1 juga?
D: Apa kontennya sudah dipromosikan?
P: Sudah mas
D: Gimana tutorial promosinya?
P: Saya post di Facebook, Twitter, Google+
D: Itu aja?
P: Iya baru itu aja
Pertanyaan-jawaban semacam ini sering saya terima lewat Facebook atau email dari pembaca.
Ada yang tau salahnya dimana?
TERLALU singkat!
Promosi File itu bukan pekerjaan sekali jalan…
Semakin tinggi persaingannya, mestinya proses promosi File semakin panjang. Bahkan Seandainya wajib hingga berbulan-bulan.
hingga targetnya tercapai, halaman 1.
(tapi nggak mesti tiap hari…asal jangan ditelantarkan)
Bagaikan contoh, Disorientasi satu artikel di PanduanIM ini memakan waktu 3 bulan sejak dibuat hingga masuk ke halaman 1 Google:
Rangking File peluang usaha
Sejak diterbitkan hingga masuk ke halaman 1, selama 3 bulan promosinya terus dilakukan dengan cara rutin.
Saya tak akan membahas semua teknik distribusi File di di panduan ini, di karenakan bakal Jadi terlalu panjang…
…di karenakan itu, silahkan Futuristis 3 panduan berikut:
13 teknik promosi File (jangan dilewati konsepnya)
Studi kasus: melonjakkan pengunjung Website hingga 419%
14+7 tutorial mendapatkan backlink berkualitas
Ketiga artikel Itu wajib dipahami Seandainya kalian ingin Jadi peringkat 1 di Google.
Tapi jangan baca sekaligus semuanya, kebanyakan.
di karenakan artikel ini berupa studi kasus, saya akan membahas teknik-teknik mana yang paling efektif di saya gunakan di PanduanIM:
Membuat komunitas sendiri di social media
Waktu PanduanIM masih baru, sekitar 2-3 bulan pertama, saya coba-coba bikin komunitas sendiri di Facebook.
Ternyata hasilnya luar biasa.
Grup Facebook ini waktu pertama kali dibuat Bisa mendapatkan 2000 anggota lebih di 1-2 hari.
Ini yang saya lakukan:
Buat grup di Facebook
Cari grup lain yang aktif di topik yang Serupa
Buat File di bentuk file (PDF, video, dll.)
Post File Itu di grup kalian sendiri
Beritahukan File Itu ke grup lain, ajak mereka bergabung ke grup kalian untuk mendownload kontennya
Ini lokasi menu untuk membuat grup, untuk yang belum Sempat:
tutorial membuat grup FB
Seandainya audiens kalian bukan Pemakai Facebook, alternatifnya Yaitu Google+, BBM, Line@, Instagram, dll.
Bisa juga coba lebih dari 1 Seandainya kalian punya banyak waktu.
Di grup yang saya buat, setiap kali mem-posting link baru maka ada sekitar 300-500 pengunjung ke website ini.
Lumayan kan?
Semakin banyak pengunjungnya, semakin tinggi juga peluang kita mendapatkan backlink.
Membuat expert roundup
Teknik ini sangat populer di luar negeri, tapi masih sangat jarang digunakan di Indonesia.
Expert roundup itu artikel yang isinya kumpulan opini atau tips terhadap suatu topik dari para Ahli di bidangnya.
Strategi blogging roundup
File seperti ini hampir selalu mendapatkan banyak share dan backlink.
Alasannya di karenakan para Ahli yang kita sertakan di dalamnya akan Empati mempromosikan File Itu.
di beberapa jam Seusai diterbitkan, trafficnya langsung meledak:
Pengunjung meningkat drastis
tak banyak yang mau memakai teknik ini di karenakan mereka malu atau takut untuk mewawancara para Ahli.
Padahal sebetulnya tak sulit, tinggal kirim email.
Guest blogging di Website yang populer
Ini tutorial yang menurut saya paling mudah.
Bayangkan, dengan numpang nulis di Website orang lain yang sudah populer, artinya kita akan mendapatkan:
Pengunjung dari mereka
Backlink yang berkualitas
Tanpa biaya, tanpa repot.
Beberapa hari Seusai menerbitkan guest post, efeknya Bisa langsung terlihat:
Ratusan pengunjung di sehari…
Hasil guest blogging dari 1 post
Tapi hati-hati…
di karenakan guest blogging itu gampang dimanipulasi, Google mengeluarkan peringatan terhadap guest blogging yang dilakukan sembarangan.
Ini kutipan dari Matt Cutts waktu dia masih di Google:
" Guest blogging can be done; This specific’s just gotten too spammy. In general I wouldn’t recommend accepting a guest Website post unless you are willing to vouch for someone personally or know them well. Likewise, I wouldn’t recommend relying on guest posting, guest blogging sites, or guest blogging SEO as a linkbuilding strategy.
Intinya, sekarang ini banyak yang menjalankan guest blogging dengan cara massal…sehingga dianggap spam.
Maka dari itu, perhatikan hal-hal berikut sebelum menjalankan guest blogging:
Pilih Website yang reputasinya bagus (caranya? lihat sendiri dengan mata telanjang, tak sulit)
Jangan menawarkan uang atau imbalan lainnya
Jangan gunakan jasa guest blogging
Buat File yang berkualitas untuk guest post kalian
Jangan lakukan guest blogging di banyak Website sekaligus
Serupa seperti aspek SEO lainnya, kualitas lebih penting daripada kuantitas.
Seandainya dilakukan dengan tepat, tak wajib khawatir dengan resiko penalti. Banyak perusahaan startup ataupun perusahaan besar yang menjalankan guest blogging Bagaikan bagian dari strategi pemasarannya.
Bingung Berawal Dari dari mana? Lakukan ini
Itulah semua strateginya.
Sesulit apapun persaingannya, kalian pasti Bisa masuk ke halaman 1 Seandainya semua strategi di atas dilakukan dengan tepat.
Sekarang kita simpulkan semuanya Jadi satu.
Sebetulnya artikel ini tadinya mau dibuat singkat, tapi entah kenapa Jadi panjang di karenakan banyak juga konsep yang wajib dibahas.
dengan cara sederhana, ini urutan kerjanya:
Langkah 1: Tentukan 1 topik File atau keyword yang ingin kalian incar untuk mendapatkan peringkat 1. Cari tahu File jenis apa yang terbaik untuk keyword Itu.
Langkah 2: Catat 5 File teratas di halaman 1 Google, tulis poin/materi apa yang ada di di File Itu. Catat juga kekurangan-kelebihannya.
Langkah 3: Rencanakan File kalian sendiri, materinya wajib lebih berkualitas.
Langkah 4: Pilih beberapa dari 8 resep yang Bisa digunakan di File Itu untuk mendapatkan backlink.
Langkah 5: Buat kontennya. Jangan buru-buru, File yang bagus memakan waktu lebih dari 1-2 hari. Pastikan File ini Jadi yang terbaik daripada yang sudah ada.
Langkah 6: Rencanakan promosinya. Buat daftar website untuk guest post, cari komunitas yang tepat, dll.
Langkah 7: Lakukan promosi dengan cara rutin (seminggu sekali, seminggu 2 kali, terserah kalian) hingga targetnya tercapai
0 Response to "5 Cara untuk Bisa Masuk ke Halaman Pertama di mbah Google dengan Keyword sesukamu"